Satgas COVID-19 Tulungagung Izinkan Ibadah Natal di Gereja

Jumlah jemaat yang hadir dibatasi

Tulungagung, IDN Times - Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung mengeluarkan surat edaran terkait perayaan Natal 2020. Umat Nasrani sangat diimbau untuk beribadah secara online, meskipun begitu mereka tetap dipersilakan ke gereja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

1. Tetap bisa rayakan Natal di tengah pandemik

Satgas COVID-19 Tulungagung Izinkan Ibadah Natal di GerejaIlustrasi perayaan natal, IDN Times/ istimewa

Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan, pelaksanaan protokol kesehatan dalam perayaan Natal menjadi sebuah kewajiban. Saat ini angka kasus masih terus bertambah setiap harinya. Tulungagung masih berada di zona merah COVID-19 dengan total kasus 1.1140.

"Perayaan Natal tetap bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, ini menjadi sebuah kewajiban mengingat situasi pandemik yang terjadi saat ini," jelas Maryoto, Kamis (24/12/2020).

2. Harus patuh protokol kesehatan

Satgas COVID-19 Tulungagung Izinkan Ibadah Natal di GerejaIlustrasi perayaan natal, IDN Times/ istimewa

Selain pengetatan protokol kesehatan, jumlah jemaat yang hadir juga dibatasi. Kapasitas gereja hanya boleh terisi maksimal 25 persen.

"Umat masih bisa melakukan ibadah di gereja tapi tidak semua, kapasitas akan dibatasi," imbuhnya.

Baca Juga: Cerita Persiapan Natal di Tengah Kepungan COVID-19

3. Angka kasus COVID-19 terus bertambah setiap hari

Satgas COVID-19 Tulungagung Izinkan Ibadah Natal di GerejaPeta sebaran COVID-19 di Kabupaten Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Dari total kasus COVID-19 yang mencapai 1.140 pasien, sebanyak 783 di antaranya dinyataan sudah sembuh. Terdapat 164 pasien yang menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan. Sisanya menjalani karantina di lokasi yang telah ditentukan. Tingkat kesembuhan pasien saat ini mencapai 66,3 persen.

"Kondisi saat ini harus dipahami oleh semua masyarakat sehingga bisa menyesuaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Kembali Masuk Zona Merah, Ini Langkah Satgas COVID-19 Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya