Pandemik Corona Jadi Inspirasi Pelukis di Tulungagung

Selama pandemik hasilkan lima lukisan bertema virus corona

Tulungagung, IDN Times - Pandemik corona yang terjadi saat ini justru menjadi sumber inspirasi bagi Rudy Dandik Santoso, seorang pelukis di Tulungagung. Dandik sudah membuat lima lukisan yang berkaitan dengan kondisi penanganan virus corona beserta imbasnya.

Potret kondisi ekonomi masyarakat yang terhenti akibat virus tersebut juga tak luput dari perhatiannya untuk dijadikan salah satu tema lukisannya. Ada juga satu lukisan yang diberi judul White Heroes, mengangkat perjuangan tim medis sebagai garda terdepan penanganan corona di dunia.

1. Lukisan berjudul White Heroes

Pandemik Corona Jadi Inspirasi Pelukis di TulungagungRudi Dandik saat menyelesaikan lukisan White Heroes. IDN Times/Bramanta Pamungkas

Lukisan White Heroes ini dibuat di atas kanvas berukuran 120 x 170 sentimeter dengan menggunakan cat akrilik. Karya lukisan tersebut menjelaskan detail situasi pandemik COVID-19 saat ini. Tenaga medis berusaha melawan virus corona yang digambarkan menyerupai gurita raksasa. Sedangkan sejumlah tokoh superhero lain seperti superman, batman, spiderman, hingga hulk hanya bisa menyaksikan dari atas gedung dan tidak bisa berbuat banyak.

"Saat ini tenaga medis merupakan garda terdepan dalam melawan virus corona, ini gambaran riil yang terjadi saat ini," ujar Dandik, Rabu (17/6).

2. Bentuk apresiasi terhadap petugas medis

Pandemik Corona Jadi Inspirasi Pelukis di TulungagungRudi Dandik saat menyelesaikan lukisan White Heroes. IDN Times/Bramanta Pamungkas

Gambar sejumlah ikon negara, seperti Arc de Triomphe atau Gerbang Kemenangan di Perancis dan Colosseum di Italia juga terdapat dalam lukisan ini. Hal ini menunjukkan bahwa pandemik ini juga terjadi di hampir seluruh negara. Kondisinya juga tidak jauh beda dengan Indonesia. Lukisan tersebut merupakan bentuk apresiasi Dandik terhadap perjuangan tenaga medis. "Karena saya seorang seniman, jadi ini cara menghargai dan mengapresiasi perjuangan para tenaga medis yang berada di garda terdepan. Sebagai pahlawan putih atau white heroes," terangnya.

Baca Juga: Lukisan Tetek Melek dan Gundul Plecek Diminati saat Pandemi Corona

3. Lukisan rumah bewarna merah putih

Pandemik Corona Jadi Inspirasi Pelukis di TulungagungPengunjung melihat lukisan bertema corona karya Rudi Dandik, IDN Times/Bramanta Pamungkas

Selain lukisan White Heroes, Dandik juga mempunyai lima karya yang dibuat selama musim pandemik ini. Kelima lukisan tersebut berkaitan erat dengan tema virus corona. Seperti lukisan sebuah rumah miring dengan latar warna merah putih. Lukisan ini menunjukkan kondisi negara dalam menghadapi serangan virus corona.

"Kondisi ekonominya tidak seimbang, sejumlah kebijakan yang dibuat justru menjadi blunder," tuturnya.

4. Hasil penjualan lukisan akan didonasikan

Pandemik Corona Jadi Inspirasi Pelukis di TulungagungPengunjung melihat lukisan bertema corona karya Rudi Dandik, IDN Times/Bramanta Pamungkas

Terdapat pula lukisan ikan yang berusaha keluar dari jaring nelayan. Lukisan ini melambangkan upaya masyarakat untuk bersama sama keluar dari pandemik ini. Menurut Dandik, imbas pandemik ini sangat dirasakan oleh masyarakat. Lukisan ini rencananya akan dilelang dan hasilnya akan didonasikan untuk penanganan COVID-19.

"Efek pandemil ini dirasakan oleh semua lini. Tidak terkecuali kami yang terpaksa tidak bisa menggelar pameran yang melibatkan banyak massa. Namun, bukan penghalang kami untuk terus berkarya." pungkasnya.

Baca Juga: Harap Bersabar, Mobil PCR Tulungagung Sementara Hanya untuk Tracing

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya