Negatif COVID-19, Puluhan Nakes Kembali Bertugas di UGD RSUD Caruban  

Setelah menjalani karantina mandiri 

Madiun, IDN Times - Sebanyak 42 tenaga kesehatan (nakes) di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Caruban, Kabupaten Madiun yang sempat diistirahatkan selama beberapa hari segera bekerja lagi. Mereka dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab kedua.

“Mulai Senin pekan depan para tenaga kerja yang sebelumnya menjalani karantina mandiri sudah kembali bertugas di UGD,” kata anggota Satgas COVID-19 RSUD Caruban dr Didik Indrawanto, Jumat (24/7/2020).

1. Sempat dinyatakan reaktif COVID-19 

Negatif COVID-19, Puluhan Nakes Kembali Bertugas di UGD RSUD Caruban  RSUD Caruban, Kabupaten Madiun. IDn Times/Nofika Dian Nugroho

Masa karantina mandiri dijalani puluhan nakes di UGD setelah seorang dokter dan dua perawat bagian itu terkonfirmasi positif COVID-19. Seluruh personel di ruangan itu di-tracing dan harus mengikuti rapid test. Beberapa di antaranya dinyatakan reaktif.

Sebagai langkah antisipasi, direksi RSUD Caruban lantas mengistirahatkan seluruh nakes di UGD. Kemudian tugas mereka digantikan oleh nakes di bagian dan ruangan lain. “Setelah puluhan nakes dinyatakan negatif dari hasil tes swab, maka kembali bekerja di UGD,” ujar Didik.

2. Diwacanakan akan mutasi pegawai 

Negatif COVID-19, Puluhan Nakes Kembali Bertugas di UGD RSUD Caruban  Instalasi Gawat Darurat RSUD Caruban, Kabupaten dipotret dari depan. Dok.IDN Times/Istimewa

Meski demikian, pihak RSUD tetap mengantisipasi penularan COVID-19 lebih lanjut. Salah satunya dengan mewacanakan mutasi pegawai. Mereka yang bertugas di UGD dengan umur lebih dari 45 tahun akan dipindah ke bagian lain. Mereka lebih rentan tertular COVID-19 karena daya imunitasnya lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang masih muda.

“Saya kira perbedaannya (sebelum dan sesudah ada nakes yang terkonfirmasi positif) hanya itu. Yang lain, seperti protokol kesehatan, tetap diterapkan,” tambah Didik.

Baca Juga: 21 Nakes di Blitar Positif COVID-19, Diduga Tertular Komunitas Sepeda

3. Tiga nakes masih dirawat di RSUD Caruban 

Negatif COVID-19, Puluhan Nakes Kembali Bertugas di UGD RSUD Caruban  Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Disinggung tentang kondisi tiga nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19, ia menyatakan bahwa mereka masih menjalani perawatan di RSUD Caruban. Hingga kini, hasil tes swab yang telah dilakukan masih menunjukkan positif virus corona.

Adapun penularan COVID-19 dimungkinkan dari pasien yang dirawat ke UGD. Para nakes memang rentan tertular COVID-19.

Baca Juga: Jaga Imun, Pemkot Madiun Bagikan Telur dan Susu Gratis kepada Warga

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya