Libur Nataru, Pacitan Terbuka untuk Pelancong Luar Daerah 

Protokol kesehatan tetap wajib dijalankan 
Pacitan, IDN Times - Musim libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) segera tiba. Kabupaten Pacitan merupakan salah satu daerah yang layak dikunjungi karena keindahan alamnya, mulai dari pantai, gua, batu akik hingga kuliner. 
 
Untuk ke sana tak perlu ragu adanya penutupan destinasi wisata. Pelancong dari luar daerah dapat leluasa masuk untuk menghabiskan masa libur akhir tahun. 
 
"Destinasi wisata Pacitan terbuka untuk wisatawan luar. Asal mengutamakan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pacitan T. Andi Faliandra, saat dihubungi IDN Times, Senin (14/12/2020).

1. Wisata pantai membujur 70 kilometer di pesisir Samudera Hindia 

Libur Nataru, Pacitan Terbuka untuk Pelancong Luar Daerah Pantai Taman, Pacitan. Instagram. Com/Dianrika

Untuk destinasi wisata pantai, daerah yang menamakan diri sebagai Paradise of Java ini mempunyai pantai yang membentang sepanjang 70 kilometer di pesisir Samudera Hindia. Lokasinya seperti di Klayar, Watu Karung, Bantu Tibo, Srau, Teleng Ria, Taman, Soge, dan Pidakan. 
 
Sedangkan lokasi wisata gua-nya, seperti Gong, Tabuhan, Luweng Jaran, Luweng Ombo, dan Kalak. Belum lagi ada Sungai Maron yang sedang naik daun.

Di beberapa tempat juga menyediakan beberapa kuliner khas, seperti nasi thiwul dan ikan kalakan. Sumber daya batu akik juga banyak ditawarkan warga yang menggelar dagangannya di sekitar tempat wisata. 

2. Diberlakukan pembatasan pelancong

Libur Nataru, Pacitan Terbuka untuk Pelancong Luar Daerah idn media

Dari sekian destinasi wisata, Andi mengungkapkan bahwa pihaknya tidak memasang target jumlah wisatawan yang datang. Sebab, pandemik COVID-19 masih berlangsung dan pemerintah menyarankan agar warga tidak pergi ke mana-mana saat libur Nataru. 
 
"Tetap buka, tapi diberlakukan pembatasan agar tidak terjadi kerumunan," ucap dia. 

Baca Juga: Wisata di Banyuwangi, Batu, Blitar, dan Pacitan Mulai Dibuka

3. Sarana dan prasarana protokol kesehatan wajib tersedia di setiap lokasi 

Libur Nataru, Pacitan Terbuka untuk Pelancong Luar Daerah idn media

Pihak pengelola setiap destinasi wisata diwajibkan menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan, seperti wastafel untuk cuci tangan dengan sabun. Selain itu, memeriksa suhu badan para pelancong saat hendak masuk ke lokasi kunjungan. 
 
"Penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan di semua destinasi wisata Pacitan," ujar Andi. 

Baca Juga: Selalu Kompak, 10 Potret Keluarga AHY saat Liburan ke Pacitan 

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya