Kebakaran di Jombang, 3 Rumah Rata dengan Tanah

Diduga akibat korsleting listrik
Jombang, IDN Times - Tiga rumah milik warga Dusun Kepuhsari, Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang ludes dilahap si jago merah, Jumat (2/10/2020).  Berdasarkan data yang diperoleh IDN Times, tiga bangunan rumah yang terbakar adalah rumah milik Darjo, Slamet dan Hanif warga setempat. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian materiil diperkirakan ratusan juta rupiah.

1. Api diduga berasal dari rumah Darjo

Kebakaran di Jombang, 3 Rumah Rata dengan TanahPetugas PMK memadamkan api. IDN Times/Zainul Arifin
Kebakaran itu berlangsung cepat. Api diduga muncul dari rumah milik Drajo, lalu merembet ke sampingnya. Warga sempat berusaha memadamkan api dengan peralatan sederhana, namun tidak berhasil.
 
Kasi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Jombang, Gunadi mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran sekitar pukul 14.15 WIB. Setelah itu, petugas PMK  langsung meluncur ke lokasi kejadian.
 
"Saya dapat laporan sekitar pukul 14.15 WIB. Saat itu masih dua rumah yang terbakar. Warga mengetahui kobaran api dari rumah bapak Darjo," kata dia.

2. Angin kencang membuat api membesar

Kebakaran di Jombang, 3 Rumah Rata dengan TanahPetugas PMK memadamkan api. IDN Times/Zainul Arifin
Gunadi menuturkan, karena kencangnya angin, membuat api semakin membesar. Selain itu rumah terbuat dari papan kayu, maka api cepat merembet hingga membakar rumah kosong di sisi baratnya. Rumah kosong itu milik Hanif.
 
"Ada tiga rumah yang terbakar. Proses pemadaman kami kerahkan satu unit mobil kebakaran, satu unit tangki suplai, dan 12 personel," jelasnya.

Baca Juga: Risma Minta Maaf kepada 5 Korban Jiwa Kebakaran Toko Kawasan Blauran

3. Proses pemadaman berlangsung selama 4 jam

Kebakaran di Jombang, 3 Rumah Rata dengan TanahPetugas melakukan pembasahan. IDN Times/Zainul Arifin
Butuh waktu 4 jam bagi petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Selain material rumah dari kayu yang sulit dipadamkan, akses jalan desa yang sempit juga menghambat proses pemadaman api.
 
"Api baru padam petang tadi, ya sekitar 4 jaman," Gunadi menjelaskan.
 
Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kebakaran mengakibatkan tiga rumah habis terbakar. Gunadi menyebut, ada 2 sepeda motor dan 4 sepeda angin, serta tumpukan gabah yang ikut terbakar di rumah Darjo dan Slamet

4. Kerugian diperkirakan sebesar Rp225 juta

Kebakaran di Jombang, 3 Rumah Rata dengan TanahPetugas memadamkan kebakaran. IDN Times/Zainul Arifin
Dugaan awal, kebakaran tiga rumah tersebut akibat korsleting listrik di rumah Darjo. Kendati begitu, Gunadi tidak berani memastikannya, karena masih dalam proses penyelidikan kepolisian setempat.
 
"(Penyebab kebakaran) masih dalam penyelidikan pihak kepolisia.
Dampak 3 rumah terbakar habis beserta isi dengan taksiran kerusakan mencapai kurang lebih Rp225 juta," Gunadi memungkasi.

Baca Juga: Terjebak di Lantai Dua, Seorang Kakek di Surabaya Tewas Terbakar

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya