Kasus Positif COVID-19 Semakin Banyak Jelang PSBB Malang Raya 

Kabupaten Malang masih terbanyak  

Malang, IDN Times - Jumlah positif COVID-19 di Malang Raya terus bertambah jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kabupaten Malang menjadi wilayah terparah dengan 51 kasus positif COVID-19. Terdapat penambahan tiga kasus baru di Kabupaten Malang per Kamis (14/5).

Penambahan kasus juga terjadi untuk Kota Batu. Kini sudah ada 7 kasus positif COVID-19 di Batu.

1. Tak ada penambahan kasus baru di Kota Malang

Kasus Positif COVID-19 Semakin Banyak Jelang PSBB Malang Raya Humas Pemkot Malang

Sedangkan di Kota Malang, tidak ada penambahan kasus COVID-19. Total kasus positif COVID-19 di Kota Malang masih berada pada angka 25.

Dominasi kasus positif COVID-19 di Kota Malang berasal dari klaster tenaga kesehatan. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kini tengah mengupayakan agar beban kerja para nakes bisa dikurangi. "Saat ini kami sedang mengupayakan untuk mengurangi beban nakes," ucap Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto, Jumat pagi (15/5).

2. Satgas COVID-19 Kota Batu rapid test enam orang

Kasus Positif COVID-19 Semakin Banyak Jelang PSBB Malang Raya Humas Pemkot Batu

Sementara itu, Satgas COVID-19 Kota Batu langsung bergerak untuk melakukan tracing. Hal ini menyusul temuan dua kasus baru. Salah satunya adalah seorang PDP yang sudah meninggal dunia.

Hasilnya, ada enam orang yang di-rapid test. Tiga di antarnya reaktif. Ketiganya akan dites swab untuk memastikan tertular virus corona atau tidak.

"Hari ini juga bakal dilakukan perluasan tracing untuk menelusuri apakah ada jejak kontak dengan orang lain," ucap Jubir Satgas COVID-19 Kota Batu M Chori.

Baca Juga: PSBB Malang Raya, Ada Pasar Tangguh dan Pasar Ganjil Genap

3. Sudah dalam kondisi sakit saat diperiksa

Kasus Positif COVID-19 Semakin Banyak Jelang PSBB Malang Raya IDN Times/ Alfi Ramadana

Sebelum meninggal dunia, pasien positif COVID-19 yang diketahui seorang perempuan berusia 51 tahun itu sempat menjalani perawatan di RS Karsa Husada Kota Batu. Namun saat datang memeriksakan diri, kondisi kesehatan yang bersangkutan sudah menurun. Terdapat gejala demam, batuk pilek dan penumonia sedang. 

"Sebelum meninggal yang bersangkutan sudah di-swab test. Tetapi hasil swab belum keluar, pasien bersangkutan meninggal dengan status PDP," sambung M Chori. 

4. Ada 10 pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia

Kasus Positif COVID-19 Semakin Banyak Jelang PSBB Malang Raya Satgas COVID-19 Jatim

Total pasien positif COVID-19 di Malang Raya yang meninggal mencapai 10 orang. Sembilan di antaranya berasal dari Kabupaten Malang dan satu pasien dari Kota Batu.

Sedangkan Kota Malang sejauh ini belum ada pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia. Namun, jumlah PDP di Kota Malang yang meninggal cukup tinggi yakni sebanyak 15 orang. 

Baca Juga: PSBB Malang Raya, Pemkot Mulai Lakukan Sosialisasi

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya