Comscore Tracker

Kartika-Sai'm Temui Petani Jelang Penetapan Paslon Pilkada Lamongan

Blusukan ke tengah sawah untuk jaring aspirasi para petani

Lamongan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan akan menetapkan pasangan calon (paslon) yang akan berkontetasi pada pilkada pada 23 September 2020. Menjelang pengumuman, Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Kartika Hidayati-Sa'im menyempatkan diri untuk menjaring aspirasi para petani di Desa Kertosono, Kecamatan Sekaran, Rabu sore (16/9/2020).

1. Kartika tawarkan cara penanggulangan hama tikus bagi petani 

Kartika-Sai'm Temui Petani Jelang Penetapan Paslon Pilkada LamonganBacabup Lamongan Kartika Hidayati dan Wakilnya Sa'im saat melakukan panen raya di Kecamatan Sekaran. IDN Times/Imron

Ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Salah satunya adalah soal menanggulangi hama tikus yang menjadi momok bagi para petani. Sudah banyak petani di Lamongan yang meninggal dunia karena terkena jebakan listrik yang mereka pasang sendiri untuk menjerat tikus.

"Untuk menanggulangi hama tikus, petani harus dibantu dengan mengembalikan ekosistem yang ada. Seperti menyediakan ular sawah dan mamalia burung hantu," kata Kartika.

2. Bangun koperasi bagi para petani Lamongan 

Kartika-Sai'm Temui Petani Jelang Penetapan Paslon Pilkada LamonganBacabup Lamongan Kartika Hidayati dan Wakilnya Sa'im saat menemui ratusan petani di Kecamatan Sekaran. IDN Times/Imron

Selain persoalan itu, Kartika juga menawarkan sebuah solusi bagi para petani, yakni menyediakan koperasi bagi mereka. Tujuannya agar petani tidak lagi merugi karena anjloknya harga gabah saat musim panen tiba.

"Kalau ada koperasi, maka sudah jelas harga akan stabil dan masyarakat petani tidak lagi kesulitan menjual hasil panen mereka," ungkapnya.

Baca Juga: Terganjal Kesehatan, Bacawabup Lamongan Su'udin Tak Lolos Pencalonan

3. PDRB Lamongan sebesar Rp39 triliun 

Kartika-Sai'm Temui Petani Jelang Penetapan Paslon Pilkada LamonganBacabup Lamongan Kartika Hidayati dan Wakilnya Sa'im saat menemui ratusan petani di Kecamatan Sekaran. IDN Times/Imron

Kartika menyebut, sektor pertanian merupakan pendorong utama perekomian di Lamongan. Kontribusi Pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp39 triliun lebih atau sebesar 33,86 persen. Sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja terbesar di Lamongan.

"Keunggulan potensi pertanian di Lamongan harus terus dijaga. Sebab pertanian terbukti menjadi sektor yang paling bertahan pada era COVID-19 ini. Saat sektor jasa, industri manufaktur, perhotelan, dan industri olahan menurun, sektor pertanian mampu tetap tumbuh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi kita," katanya.

4. Dalam 5 tahun terakhir produktivitas pertanian menurun

Kartika-Sai'm Temui Petani Jelang Penetapan Paslon Pilkada LamonganBacabup Lamongan Kartika Hidayati dan Wakilnya Sa'im saat menemui ratusan petani di Kecamatan Sekaran. IDN Times/Imron

Potensi yang besar ini berbanding terbalik dengan tingkat kesejahteraan petani. Dalam 5 tahun terakhir, produktivitas pertanian justru menurun. Hal ini disebabkan karena minimnya investasi dalam sektor pertanian, baik untuk infrastruktur pertanian maupun peningkatan sumber daya.

"Komitmen itu kami wujudkan dengan mengembangkan infrastruktur pertanian, modernisasi sarana dan alat-alat pertanian, peningkatan penggunaan bibit unggul, peningkatan kualitas sumber daya buruh tani, peternakan dan perikanan," tukasnya.

Baca Juga: Suhandoyo-Su'udin Resmi Ikut Pilkada Lamongan Lewat Jalur Independen

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Imron Saputra di IDN Times Community dengan judul Jelang Penetapan Calon, Kartika-Sai'm Blusukan ke Sawah Temui Petani 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya