DPPPA Kabupaten Situbondo: Enam Anak-anak Positif COVID-19

Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di rumah

Situbondo, IDN Times - Virus corona memang tidak mengenal usia. Siapapun bisa terpapar COVID-19. Termasuk anak-anak.

Di Situbondo, ada enam anak-anak yang terpapar virus SARS-CoV-2. Berdasar data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, rentang usia anak-anak yang positif COVID-19 itu antara 0 hingga 18 tahun.

1. Tiga dari enam anak-anak yang terpapar masih berusia di bawah 10 tahun

DPPPA Kabupaten Situbondo: Enam Anak-anak Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Kepala DPPPA Situbondo Imam Hidayat menjelaskan, tiga dari enam anak-anak yang terpapar COVID-19 itu masih di bawah 10 tahun.

"Dari enam anak-anak yang terpapar Coronavirus itu, tiga di antaranya masih berusia 4 tahun,8 tahun, dan 9 tahun," kata jelas Imam seperti dikutip dari Antara, Rabu (10/6).

Dia menambahkan, dua orang dari enam anak-anak itu juga sempat dikarantina oleh pemerintah. Namun, sekarang mereka sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya karena sudah dinyatakan sehat.

"Meski anak selalu ada di dalam rumah, bisa saja tertular setelah ada orang dewasa yang masuk ke rumah. Oleh sebab itu setiap orangtua harus waspada," tambahnya.

2. Rata-rata tertular orangtuanya

DPPPA Kabupaten Situbondo: Enam Anak-anak Positif COVID-19Ilustrasi. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Keenam anak itu saat ini sudah sehat atau tanpa gejala. Kendati demikian, mereka diminta untuk tetap berdiam diri di rumah supaya tidak menularkan ke tetangga.

Imam berpesan agar para orangtua memberi perhatian lebih terhadap kesehatan anak-anaknya. Mereka diminta untuk mengajarkan dan mematuhi protokol kesehat untuk mencegah penularan COVID-19.

"Anak-anak yang terpapar corona di Situbondo itu rata-rata tertular dari orangtuanya. Makanya, kini diperlukan peran serta orang tua dalam menjaga putra dan putrinya," ucapnya.

Baca Juga: Rapid Test Reaktif, Puluhan Warga Tiga Desa di Situbondo Dievakuasi

3. Orangtua diminta memperhatikan asupan gizi anak-anaknya agar sistem imun bagus

DPPPA Kabupaten Situbondo: Enam Anak-anak Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Menurut Imam, penting untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah badai pandemik COVID-19. Dengan begitu, anak-anak tidak mudah tertular dari orang sekelilingnya. Selain itu, diharapkan para orangtua memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak-anaknya.

"Yang terpenting lagi selama masa pandemik, orangtua harus memberi asupan gizi yang cukup serta memberi makanan sehat kepada anak-anaknya. Sebagai upaya memperkuat imun anak agar tak mudah terserang virus corona," imbaunya.

4. 68 kasus positif COVID-19 di Situbondo hingga Rabu siang (10/6)

DPPPA Kabupaten Situbondo: Enam Anak-anak Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Berdasar data Pemprov Jatim, Hingga Rabu tercatat ada 68 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Situbondo. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 47 orang; orang dalam pemantauan (ODP), 441 orang; orang tanpa gejala (OTG), 527 orang; dan orang dalam risiko (ODR) sebanyak 5.607 orang.

Baca Juga: Seorang Karyawan RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo Positif COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya