Di Tengah Pandemik, Hotel di Kota Batu Siap Sambut Libur Akhir Tahun 

Penuhi segala kebutuhan standar protokol COVID-19 

Batu, IDN Times - Menjelang liburan akhir tahun, Kota Batu mulai bersiap untuk menyambut para wisatawan. Meskipun masih dalam masa pandemik, kunjungan wisatawan ke Kota Batu diyakini tetap tinggi. Untuk itu, guna memastikan liburan akhir tahun berjalan aman, Perkumpulan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu rutin memonitor kesiapan hotel dan penginapan serta restoran hingga pariwisata jelang libur panjang. Terutama terkait dengan kelengkapan protokol kesehatan COVID-19. 

1. Sudah siap sambut wisatawan

Di Tengah Pandemik, Hotel di Kota Batu Siap Sambut Libur Akhir Tahun Pembersihan dilakukan secara detail untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung. IDN Times/Alfi Ramadana

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi menjelaskan, secara umum pengelola hotel hingga wisata di kota apel sudah siap menyambut libur akhir tahun. Penerapan protokol pencegahan COVID-19 selama ini juga sudah dilakukan dengan baik. Hanya saja untuk meyambut libur panjang akhir tahun ini, PHRI meminta kepada hotel, restoran serta pengelola wisata untuk lebih ketat lagi dalam menerapkan protokol COVID-19.
 
"Sebenarnya sejak bulan Juli, saat hotel kembali beroperasi, semuanya sudah menerapkan protokol COVID-19. Untuk menyambut libur akhir tahun ini kami minta untuk lebih diperketat lagi penerapan protokol COVID-19 bagi tamu yang datang," terangnya kepada IDN Times, Jumat (11/12/2020). 

2. Semua hotel sudah memenuhi standar protokol COVID-19 

Di Tengah Pandemik, Hotel di Kota Batu Siap Sambut Libur Akhir Tahun IDN Times/Alfi Ramadana

Sujud menambahkan, sejauh ini seluruh hotel di Kota Batu sudah memenuhi standar protokol COVID-19. Bahkan sejak awal sebelum kembali beroperasi, sudah ada pemeriksaan dari Satgas COVID-19. Pemeriksaan meliputi ketersediaan sarana pencegahan mulai tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga tempat isolasi jika ada tamu yang terindikasi COVID-19.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa hotel-hotel yang ada di Kota Batu dinyatakan layak buka kembali. Hal ini menunjukkan komitmen pengelola hotel untuk menjaga wisatawan yang datang ke Kota Batu agar tetap sehat dan nyaman saat liburan.
 
"Ketika hotel sudah beroperasi berarti mereka sudah memiliki sertifikat layak dari Satgas COVID-19. Sekarang bahkan juga ada penilaiaan dari pusat guna mendapatkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability)," tambahnya. 

Baca Juga: Empat Hari Tambah 187 Kasus COVID-19, Kota Batu Siapkan Selter Desa

3. Proses pemeriksaan sangat ketat 

Di Tengah Pandemik, Hotel di Kota Batu Siap Sambut Libur Akhir Tahun Ketua PHRI Batu, Sujud Hariadi. IDN Times/Alfi Ramadana
Oleh sebab itu, Sujud memastikan bahwa secara umum pengelola hotel di Kota Batu sudah memenuhi standar protokol COVID-19. Pemeriksaan kelayakan terhadap hotel-hotel tersebut dilakukan kontinyu. 
 
"Secara penilaian memang sudah sangat layak. Bahkan untuk beberapa hotel berbintang nilainya tinggi-tinggi untuk penerapan protokol kesehatan," sambungnya. 
 

4. Tetap tak boleh lengah 

Di Tengah Pandemik, Hotel di Kota Batu Siap Sambut Libur Akhir Tahun Petugas hotel membersihkan perabot untuk pencegahan COVID-19

Namun demikian, Sujud tetap meminta kepada pengelola hotel agar tak lengah menjalankan protokol kesehatan. Apalagi, diprediksi Kota Batu akan dijubeli wisatawan pada malam pergantian tahun. 
 
"Sekarang untuk standar prokesnya sudah bagus. Tetapi tetap harus ditingkatkan lagi agar lebih baik lagi dan meminimalisir kemungkinan terburuk," imbaunya.

5. Hotel diizinkan bikin acara malam tahun baru agar wisatawan tak berkerumun di luar

Di Tengah Pandemik, Hotel di Kota Batu Siap Sambut Libur Akhir Tahun Situasi alun-alun Kota Batu yang kembali ramai dikunjungi masyarakat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, guna memastikan tak ada penumpukan wisatawan selama libur panjang, Sujud mengatakan bahwa Pemkot Batu sudah mengizinkan pengelola hotel untuk membuat acara sendiri. Terutama pada malam perayaan Tahun Baru 2021. Tujuannya agar wisatawan tak terkonsentrasi pada satu titik saja hingga berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Jadi nanti malam tahun baru setiap hotel diperbolehkan membuat acara agar tamu hotel tak perlu keluar untuk merayakan malam pergantian tahun. Sekaligus juga agar lebih mudah melakukan pengawasan protokol COVID-19. Tentu dalam perayaan tersebut juga tetap mengedepankan protokol yang ketat," pungkasnya. 

Baca Juga: Perketat Prokes, Pemkot Batu Panggil Pengelola Hotel dan Wisata

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya