Deretan Foto Lamongan Dulu vs Sekarang, Penuh Nostalgia

Ada bekas gedung pusat pemerintahan Belanda

Lamongan, IDN Times - Seperti halnya kabupaten lain di Indonesia, Kabupaten Lamongan pun terus mempercantik tampilan kotanya agar tidak ketinggalan zaman. Tapi, gak ada salahnya generasi sekarang tahu potret Lamongan tempo dulu. Yuk bernostalgia, inilah deretan foto Lamongan tempo dulu vs sekarang. Arek Lamongan mana suaranya?

1. Gedung Pemkab Lamongan dulu dan sekarang

Deretan Foto Lamongan Dulu vs Sekarang, Penuh NostalgiaGedung Pemkab Lamongan. Dok KITLV
Bangunan tua yang sudah ada sejak 1954 itu dahulunya merupakan Kantor Adipati Lamongan. Banyak sejarawan mencatat, kantor tersebut pernah dijadikan tempat jamuan makan saat Gubernur Jenderal D. Fock (setingkat Presiden Hindia Belanda) kala mengunjungi Lamongan pada tahun 1922. Namun sayangnya bangun bersejarah tersebut berubah drastis, karena pemerintah membangun gedung yang lebih megah.

2. Alun-alun Kota Lamongan

Deretan Foto Lamongan Dulu vs Sekarang, Penuh NostalgiaAlun-alun Kota Lamongan. Dok KITLV

Alun-alun kota Lamongan pernah dijadikan sekelompok pemuda menggelar upacara Peringatan Hari Solidaritas Internasional Pemuda Pelajar 21 Februari 1954. Alun-alun ini beberapa kali direnovasi. Selain menjadi tempat joging, alun-alun Lamongan menyediakan wahana permainan anak-anak. Maka tak heran, warga luar Lamongan sangat senang melepas penat di alun-alun.

3. Rumah Sakit milik Marbrig (Mariniers Brigade atau Koninklijk Nederlandse Marine Korps) di Kecamatan Babat

Deretan Foto Lamongan Dulu vs Sekarang, Penuh NostalgiaRumah Sakit Marbrig di Babat. Dok KITLV

Tak hanya di Lamongan kota, Babat salah satu kecamatan di Lamongan yang berbatasan langsung dengan dua Kabupaten, Tuban dan Bojonegoro juga mempunyai bangun bersejarah peninggalan kolonial Belanda. Salah satunya adalah bangun bekas Rumah Sakit milik Marbrig (Mariniers Brigade atau Koninklijk Nederlandse Marine Korps) yang dibangun sekitar tahun 1913. Gedung tersebut saat ini difungsikan sebagai Mapolsek Babat dan kondisinya masih terawat dengan baik

4. Corps Tjadangan Nasional (CTN), bangunan yang masih berdiri kokoh ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Belanda

Deretan Foto Lamongan Dulu vs Sekarang, Penuh NostalgiaBekas markas militer Belanda. IDN Times/Imron

Bangunan bersejarah lainnya yakni Corps Tjadangan Nasional (CTN). Bangunan yang masih berdiri kokoh tersebut dulunya merupakan pusat pemerintahan Belanda. Bangunan itu juga menjadi saksi sejarah agresi militer Belanda I dan II. Namun sayangnya, kini bangunan tersebut tak terawat. Bahkan, terlihat angker dan menyeramkan karena banyak ditumbuhi semak belukar

5. Jembatan kereta api yang diberi nama Cincim, sudah ada sejak 1950 an. kini difungsikan sebagai jembatan penyeberangan sepeda motor

Deretan Foto Lamongan Dulu vs Sekarang, Penuh NostalgiaJembatan yang menghubungkan Tuban-Lamongan. IDN Times/Imron

Selain bangunan di atas, pemerintah Belanda juga meninggalkan jembatan kereta api yang diberi nama Cincim. Jembatan yang sudah ada sejak 1950-an tersebut saat ini beralih fungsi menjadi jembatan penyeberangan sepeda motor bagi warga sekitar.

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya