Comscore Tracker

Bupati Positif COVID-19, Aktivitas di Pemkab Jombang Tetap Normal

Pejabat pemkab bagi-bagi tugas

Jombang, IDN Times - Bupati Jombang, Mundjidah Wahab sampai saat ini masih dirawat di RSUD dr Soetomo, Surabaya setelah terkonfirmasi positif COVID-19. Kendati bupati masih di rumah sakit, Sekda Jombang, Akhmad Jazuli memastikan bahwa aktivitas pemerintahan tetap berjalan normal seperti biasa.

“Ya Alhamdulilah tetap berjalan seperti biasa. Tetap lancar,” ujar Jazuli kepada IDN Times, Jumat (27/11/2020).

1. Bagi tugas pemerintahan dengan disposisi bupati 

Bupati Positif COVID-19, Aktivitas di Pemkab Jombang Tetap NormalBupati Jombang Mundjidah Wahab. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Sekitar empat hari yang lalu, Bupati Mundjidah telah menjalani perawatan dan pemulihan di RSUD dr Soetom setelah isolasi mandiri di rumah dinas. Menurut Jazuli, sejak saat itu dilakukan pembagian tugas di lingkungan pemerintahan.

"Surat-surat, pembagian tugas atas disposisi beliau tetap jalan, karena beliau empat hari yang lalu dari isolasi mandiri di rumah pindah ke rumah sakit. Maka, surat yang sangat penting kami mintakan disposisi beliau, tanda tangan beliau," kata Jazuli.

2. Tugas dijalankan wabup, sekda, dan para asisten

Bupati Positif COVID-19, Aktivitas di Pemkab Jombang Tetap NormalGedung Pemkab Jombang. IDN Times/Dok.Zainul Arifin

Jazuli menjelaskan, tugas-tugas itu dilakukan oleh wakil bupati (Wabup), sekda, serta para asisten pemerintahan. Dia pun memastikan semua tidak ada kendala dan berjalan dengan baik.

"Ya, agenda rutin saya laksanakan (sebagai) sekda. Ada (juga) Pak Wakil Bupati dan para asisten serta OPD sesuai dengan tupoksi," Jazuli melanjutkan.

Demikian juga kegiatan-kegiatan yang seremonial, lanjut Jazuli, juga dilakukan pembagian tugas. Sehingga, tidak sampai ada keterlambatan tugas.

Jazuli mencontohkan salah satunya yakni kegiatan upacara hari guru bersamaan dengan kegiatan MTQ. Maka, waktu itu inspektur upacara hari guru dipimpin wabup, sedangkan dirinya membuka MTQ.

"Kemarin hari kesehatan nasional wabup ke Surabaya dan bareng ada susur sungai, saya tugas di sungai, sedangkan ada wisuda yang dihadiri asisten. Jadi pendek kata, kegiatan tetap jalan, termasuk evaluasi COVID-19 oleh forkopimda dipimpin Pak Wabup," jelas pria asal Mojokerto tersebut.

Baca Juga: Bupati Jombang Positif COVID-19, Tunggu Hasil Swab Ketiga

3. Tes swab ASN Pemkab Jombang negatif COVID-19

Bupati Positif COVID-19, Aktivitas di Pemkab Jombang Tetap NormalIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut Jazuli menyampaikan, para pegawai ASN (Aparatur Sipil Negeri) Pemkab Jombang sudah dites swab. Mereka yang dites pernah kontak erat dengan Mundjidah. Hasilnya, meski Jazuli tak menyebut secara rinci, semua yang di-swab negatif COVID-19.

"Mereka swab tidak massal, yang merasa pernah konta,k tidak hanya dengan bupati tapi siapapun yang pernah kontak dengan positif COVID-19 seperti di inspektorat, kawan- kawan dengan sukarela di-swab," tandasnya.

4. Tidak ada lockdown karena semua negatif COVID-19

Bupati Positif COVID-19, Aktivitas di Pemkab Jombang Tetap NormalSekdakab Jombang Akhmad Jazuli. IDN Times/Zainul Arifin

Jazuli menambahkan, pemkab telah menyemprotkan cairan disinfektan guna menghindari penyebaran COVID-19. Penyemprotan itu tidak hanya dilakukan di ruangan bupati saja, namun di setiap tempat yang ada kerumunan orang.

"Sudah semuanya disemprot, tidak hanya ruangan bupati, termasuk setiap kegiatan kami upayakan ada penyemprotan. Tempat-tempat yang banyak dikerumuni massa, rumah dinas sudah disemprot juga,"katanya.

"Tidak ada lockdown, karena semua orang yang dekat dengan ibu tidak ada yang positif COVID-19, semuanya negatif," lanjutnya.

Jazuli mengimbau kepada PNS dan warga, hendaknya mematuhi protokol kesehatan. Sebab, virus corona ini bisa menginfeksi siapapun, tak terkecuali pejabat.

"Siapa kawan, siapa lawan terhadap penyakit ini tidak ada yang tahu. Bisa mengenai siapapun, baik itu orang biasa, pejabat, kiai, termasuk wartawan bisa kena COVID-19. Karena itu tetap patuhi protokol kesehatan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak," pesannya.

Baca Juga: Bupati Jombang Positif COVID-19, Sempat Mual Sepulang dari Jakarta

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Zain Arifin di IDN Times Community dengan judul Bupati Jombang Terpapar COVID-19, Sekda: Aktivitas Berjalan Normal

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya