Comscore Tracker

Brimob yang Gugur di Papua akan Dikebumikan di Taman Makam Pahlawan

Selamat jalan pahlawan!

Trenggalek, IDN Times - Hujan rintik-rintik sedari pagi seolah mengiringi kepergian Bharatu Anumerta Doni Priyanto untuk selama-lamanya. Mendung duka menggelayut di kediamannya, Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Minggu (1/3).

Doni merupakan anggota Yon A Resimen III Paspor Korbrimob Polri, yang bertugas di Distrik Tembagapura, Papua. Doni gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Mimika, Jumat (28/2). Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Trenggalek. 

1. Jenazah akan dilepas dengan upacara militer dari rumah duka

Brimob yang Gugur di Papua akan Dikebumikan di Taman Makam PahlawanSuasana rumah duka Bharatu Anumerta Doni Priyanto di Trenggalek. IDN Times/ Istimewa

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, persiapan pemakaman sudah dilakukan. Jenazah akan dilepas dengan upacara militer dari rumah duka. Sejumlah anggota polisi akan berdiri di sepanjang jalan dari rumah duka hingga ke lokasi pemakaman untuk memberi penghormatan terakhir. Koordinasi pihak keluarga dengan kepolisian telah dilakukan.

"Koordinasi sudah kami lakukan dan pemakaman sudah siap," ujarnya, Minggu (1/3).

2. Keluarga tegar melepas kepergian Doni

Brimob yang Gugur di Papua akan Dikebumikan di Taman Makam PahlawanProsesi upacara penyerahan jenazah Bharatu Anumerta Doni Priyanto di Bandara Juanda, Minggu (1/3). IDN Times/Fitria Madia

Sejumlah pelayat tampak mendatangi rumah duka. Mereka menunggu kedatangan jenazah yang baru diberangkatkan dari Papua pagi ini. Sekitar pukul 11.00 WIB, jenazah Doni sudah tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo.

Karangan bunga tanda turut berduka cita dari berbagai pejabat kepolisian seperti Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Lucky Hermawan berjajar rapi sepanjang jalan menuju rumah duka.

Raut kesedihan masih tampak terlihat dari kedua orang tua Doni, Parno dan Maryatun. Mereka tampak menerima tamu dengan tegar. Keduanya mengaku telah menerima dengan ikhlas kepergian sang tulang punggung keluarga tersebut. Doni merupakan anak pertama dari dua bersaudara.

"Kami sudah mengikhlaskan kepergian anak kami (Doni)," ucap Parno.

Baca Juga: 2 Prajurit TNI Tewas Usai Baku Tembak dengan KKB di Papua

3. Gugur setelah terlibat baku tembak dengan KKB

Brimob yang Gugur di Papua akan Dikebumikan di Taman Makam PahlawanFoto Bharatu Anumerta Doni Priyanto semasa hidup. IDN Times repro Fitria Madia

Sebelumnya, terjadi baku tembak antara pasukan Brimob dengan KKB di Opitawak, Papua pada Jumat (28/2). Awalnya, baku tembak terjadi di area Jipabera, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Satu anggota yang meninggal dunia yakni Bharada Doni Priyanto, anggota Organik Bataliyon A Resimen III Korp Brimob Polri.

Baca Juga: Ditembak KKB, Jenazah Brimob yang Gugur di Papua Tiba di Juanda

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya