Comscore Tracker

5 Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang, Ini Langkah BPBD Kota Malang

Imbau masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem

Malang, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Malang belakangan waktu terakhir. Cuaca ekstrem itu merupakan efek dari fenomena La Nina. Tercatat, 5 pohon tumbang di Kota Malang pada Selasa (8/12/2020). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang pun telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi bencana.

1. Tetapkan status siaga bencana hidrometeorologi

5 Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang, Ini Langkah BPBD Kota MalangIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto menjelaskan, dalam beberapa waktu terakhir, memang secara nasional sudah ditetapkan status siaga bencana hidrometeorologi. Untuk saat ini ada tiga jenis bencana yang menjadi perhatian BPBD Kota Malang. Yakni pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir. 

“Hari ini (Selasa) ada lima laporan titik pohon tumbang yang masuk. Masing-masing titik ada satu pohon tumbang,” jelas Alie dikonfirmasi IDN Times/

2. Lakukan pemotongan pohon

5 Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang, Ini Langkah BPBD Kota MalangIlustrasi Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Guna mengantisipasi dampak lebih besar, Ali menuturkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Mereka akan bersama-sama memangkas ranting pohon yang rentan patah atau tumbang agar tak menimbulkan kerugian jiwa maupun material

“Pihak yang memiliki otoritas untuk pemotongan pohon adalah DLH. Baru setelah selesai dipotong, petugas BPBD yang melakukan evakuasi,” imbuhnya. 

Baca Juga: Angin Kencang, SPBU di Bojonegoro Rusak Parah

3. Laporan langsung ditindaklanjuti

5 Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang, Ini Langkah BPBD Kota MalangIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih jauh, Ali menambahkan, BPBD Kota Malang langsung turun ke lokasi untuk mengevakuasi sejumlah laporan pohon tumbang. Mereka bergerak cepat agar tumbangnya pohon tidak mengganggu aktivitas warga.

“Semua laporan yang sudah masuk langsung kami tindaklanjuti. Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” tambahnya. 

4. Minta masyarakat lebih waspada

5 Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang, Ini Langkah BPBD Kota MalangIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Ali juga meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Tak cuma angin kencang, warga diimbau agar waspada terhadap datangnya cuaca ekstrem. Warga juga diharapkan proaktif untuk melaporkan ke BPBD jika bencana datang sewaktu-waktu.

"Kalau ada laporan bencana segera hubungi 112 dan nanti akan diteruskan kepada pihak yang berkompeten sesuai bidangnya," imbau Alie.

Baca Juga: Hujan Angin di Surabaya, 18 Pohon Tumbang dan 6 Atap Rumah Terbang

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul BPBD Kota Malang Ingatkan Masyarakat Hati-hati terhadap Angin Kencang

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya