Antisipasi Liburan, Taman Rekreasi Selecta Tambah Satgas Jaga 

Siapkan hingga 20 orang untuk jaga kedisiplinan wisatawan  

Batu, IDN Times - Menjelang akhir tahun, sejumlah destinasi wisata di Kota Batu mulai bersiap diri. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, akhir tahun merupakan salah satu peak season kunjungan wisatawan ke Kota Batu. Untuk itu, salah satu destinasi wisata legendaris di Kota Batu yakni Taman Rekreasi Selecta semakin memperketat protokol COVID-19. 

1. Prediksi tak akan sampai membludak

Antisipasi Liburan, Taman Rekreasi Selecta Tambah Satgas Jaga Beberapa wisatawan tampak sedang menikmati wahana kolam renang di Selecta. IDN Times/Alfi Ramadana

Direktur Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi memprediksi jika libur akhir tahun 2020 ini tak akan seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain masih dalam masa pandemik COVID-19, pemerintah juga memangkas cuti bersama akhir tahun selama tiga hari. Hal ini agaknya akan memengaruhi jumlah wisatawan yang akan datang ke Kota Batu. 

"Kami kira tidak akan sampai membludak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi kami memprediksi tetap akan ada peningkatan kunjungan wisatawan karena ini akhir tahun," jelasnya kepada IDN Times, Jumat (11/12/2020). 

2. Siapkan penambahan satgas jaga

Antisipasi Liburan, Taman Rekreasi Selecta Tambah Satgas Jaga Taman Rekreasi Selecta tampak belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. IDN Times/Alfi Ramadana

Meskipun demikian, Sujud menambahkan bahwa pihaknya akan tetap menambah Satgas COVID-19 yang bertugas di Taman Rekreasi Selecta. Penambahan mencapai dua kali lipat dari jumlah satgas yang ada saat ini yakni 10 orang.

Mereka nantinya akan disebar mulai dari loket masuk, hotel, hingga sebagian lainnya akan bergerak mobile ke seluruh area wisata. Satgas tersebut akan mengawasi setiap pengunjung yang datang agar tetap mematuhi protokol COVID-19. 

"Mereka akan mobile, berkeliling memastikan wisatawan mematuhi protokol COVID-19. Mulai memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak," tambahnya. 

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun, Hotel-hotel di Kota Batu Siapkan Protokol Ketat

3. Jumlah kunjungan mulai meningkat

Antisipasi Liburan, Taman Rekreasi Selecta Tambah Satgas Jaga Sejumlah wisatawan tengah berlibur di Selecta. IDN Times/Alfi Ramadana

Secara umum, jumlah wisatawan yang datang ke Selecta perlahan meningkat. Meski jika dibandingkan dengan saat sebelum pandemik melanda, persentasenya cukup jauh. Tetapi paling tidak, jumlah kunjungan tersebut masih bisa menutupi biaya operasional.

Pada awal pandemik lalu, Taman Rekreasi Selecta sempat tak beroperasi selama empat bulan dan baru mulai beroperasi Agustus. Rata-rata kunjungan ke Selecta pe rbulan memang masih naik turun.

Secara akumulasi jumlah wisatawan mencapai 50 ribu selama satu bulan. Jumlah tersebut sudah mengalami peningkatan jika dibanding awal kembali beroperasi yang pernah hanya 30 ribu wisatawan per bulan. 

"Memasuki bulan Desember ketika sebelum pandemik biasanya bisa mencapai kisaran 200 ribu wisatawan sebulan. Tetapi saat ini sulit, bisa tembus 80 ribu saja kami sudah sangat bersyukur," sambungnya. 

4. Siapkan perayaan khusus untuk malam pergantian tahun

Antisipasi Liburan, Taman Rekreasi Selecta Tambah Satgas Jaga Ketua PHRI Batu, Sujud Hariadi. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk bisa mendongkrak kunjungan, Selecta juga sudah menyiapkan rencana acara untuk malam pergantian tahun. Acara tersebut semacam pesta rakyat di tempat terbuka dengan menghadirkan bintang tamu pelawak kondang Cak Precil cs. Agenda itu memang sengaja direncanakan oleh Selecta untuk bisa memecah kerumunan masyarakat dan tidak menumpuk di Alun-alun Kota Batu saja. Konsepnya memang digelar di lapangan parkir agar terbuka dan memudahlan sirkulasi udara. 

"Ini untuk memecah konsentrasi massa. Tetapi tetap dengan protokol COVID-19 yang ketat agar tetap aman," pungkasnya. 

Baca Juga: Perketat Prokes, Pemkot Batu Panggil Pengelola Hotel dan Wisata

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya