Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018

Surabaya memang kota penuh prestasi!

Surabaya, IDN Times - Jika ada kota di Indonesia yang menjadi langganan juara tingkat internasioanl, mungkin Surabaya lah salah satunya. Betapa tidak, sederet penghargaan internasional berhasil disabet oleh Kota Pahlawan selama tahun 2018. Kota yang dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini ini pun kini sejajar dengan daerah-daerah lain di dunia. Berikut adalah beberapa penghargaan internasional yang diterima Surabaya.

1. ASEAN Tourist Forum (ATF)

Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018IDN Times/ Cynthia

Awal Tahun 2018, tepatnya 26 Januari, Kota Surabaya memperoleh penghargaan Penghargaan dalam ajang Asean Tourism Forum (ATF) 2018 dan ASEAN Tourism Associations (ASENTA) Award di Chiang Mai International Exhibition and Convention Center (CMIECC) Thailand. Penghargaan ini diberikan bagi kota yang dianggap mampu mengelola pariwisatanya dengan baik.

Baca Juga: Trem Surabaya, Mimpi Risma Selama 10 Tahun yang Kini Telah Sirna

2. Penghargaan “Special Mention” di Lee Kuan Yew

Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Pada 4 Juli 2018,  Kota Surabaya mendapatkan penghargaan Internasional dari Singapura. Penghargaan bertajuk Lee Kuan Yew Award ini diberikan berkat kesuksesan Pemerintah Kota Surabaya yang mampu memberdayakan masyarakatnya melalui program ekonomi dan pendidikannya.

Dalam penghargaan yang diberikan di Marina Bay Sand Expo and Covention Center Singapura ini Surabaya mendapatkan kategori special mention. Selain Surabaya penghargaan ini juga pernah diberikan kepada beberapa kota besar lain seperti Hamburg (Jerman), Kazan (Rusia), dan Tokyo (Jepang).

3. The OpenGove Recognition of Excellence

Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018Facebook/Bangga Surabaya

Penghargaan internasional kembali diperoleh Kota Surabaya di bulan Juli. Pada tanggal 9 Juli, Surabaya menerima penghargaan The OpenGove Recognition of Excellence 2018. Penghargaan ini diperoleh berkat kesuksesan pemerintah atas inovasi yang dilakukan dalam penggunaan teknologi di sektor pelayanan publik.

4. Scroll OF Honour Award dari United Nations Human Settelemnt programme (UN Habitat)

Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018humas.surabaya.go.id.

Tiga bulan setelah itu, tepatnya 1 Oktober, Surabaya kembali diganjar penghargaan internasional. Kali ini yang diterima Surabaya adalah Scroll of Honour Award dari UN Habitat di Nairobi, Kenya.

Penghargaan yang diperoleh ini berkat kesuksesan Wali Kota Tri Rismaharini dalam bidang urbanisasi. Ia dianggap mempunyai kontribusi terhadap perkembangan dan perbaikan kehidupan kota, serta pengelolaan pemukiman dan perbaikan kehidupan masyarakat miskin. 

5. Online Popular City Guangzhou Award

Bangga! Ini Deretan Penghargaan Internasional Surabaya Selama 2018Instagram @surabaya

Sebagai penutup, Surabaya kembali mendapatkan penghargaan pada 7 Desember 2018 lalu. Surabaya mendapatkan predikat kota paling populer versi Online. Hasil ini diperoleh berdasarkan polling online dengan nilai tertinggi sebanyak 1.504.535 vote.  

Penghargaan ini pertama kalinya didapat setelah 4 kali pendaftaran Surabaya dalam City Guangzhou Award. Demi mendapatkan penghargaan ini, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sempat nge-vlog untuk mengajak warganya memilih. Kategori utama yaitu Guangzhou Award sendiri diraih oleh London.

Baca Juga: Naik Jeep Lawas, Risma Konvoi Pamer Penghargaan Lee Kwan Yew

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya