Valentine, 9 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Satpol PP

Tidak bisa menunjukkan bukti pernikahan

Tulungagung, IDN Times - Petugas Satpol PP Kabupaten Tulungagung melakukan razia ke sejumlah kos-kosan, Minggu (14/2/2021). Hasilnya, sebanyak 9 pasangan bukan suami istri, terjaring dalam razia ini. Mereka dibawa ke kantor setelah tidak bisa menunjukkan bukti pernikahan yang sah. Razia ini dilakukan untuk menjaga situasi kondusif, terutama saat peringatan hari kasih sayang atau Valentine Day.

1. Berada dalam kamar dengan pintu tertutup

Valentine, 9 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Satpol PPPasangan yang terjaring razia kos di kantor Satpol PP Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kabid Penegakan Perda dan Perbup Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Artista Nindya Putra menjelaskan, pasangan yang terjaring ini ditemukan berada di satu kamar dan dalam kondisi tertutup. Mereka rata-rata berdalih tidak melakukan perbuatan apapun dan hanya tidur dalam satu kamar saja.

Beberapa di antaranya juga mengaku sedang berkunjung biasa, namun pintu kamar dalam kondisi tertutup. "Seharusnya kalau berkunjung biasa pintu kamar kos harus tetap terbuka sehingga tidak menimbulkan fitnah atau apapun, karena pintu kamar tertutup mereka akhirnya kita bawa ke kantor semua," ujarnya, Minggu (14/2/2021).

2. Pemilik kos juga akan dipanggil

Valentine, 9 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Satpol PPPetugas memeriksa pasangan yang terjaring razia kos, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Petugas kemudian melakukan pendataan dan pembinaan terhadap pasangan yang terjaring razia ini. Mereka lalu dilepaskan setelah menandatangani surat pernyataan.

Selain itu, petugas juga akan memanggil pihak pengelola dan pemilik kos. Mereka akan diperiksa terkait kelengkapan izin operasional kos. "Termasuk mengapa ada bukan penghuni kos yang berada di dalam kamar, akan kami minta keterangan pemilik dan pengelola kos," imbuhnya.

Baca Juga: Divaksinasi COVID-19, 2 Persen Nakes Tulungagung Rasakan Efek Samping

3. Razia kos dan hotel akan ditingkatkan

Valentine, 9 Pasangan Bukan Suami Istri Terjaring Satpol PPPasangan yang terjaring razia kos di kantor Satpol PP Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak Satpol PP sendiri akan menggiatkan razia dengan sasaran kos dan hotel, selama perayaan hari kasih sayang ini. Razia ini dilakukan untuk menjaga situasi tetap konddusif, terutama saat pandemik ini. "Kita terus lakukan razia dengan sasaran kos dan hotel, untuk menghindari adanya perbuatan asusila yang terjadi," pungkasnya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Style Valentine ala Angga Yunanda, Menarik Kamu Coba Bro

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya