Semua Anjing yang Diselamatkan dari Tempat Jagal Terpapar Virus Parvo

Tiga anjing mati, enam masih Kritis

Blitar, IDN Times - Puluhan ekor anjing yang berhasil dievakuasi dari rumah jagal di Desa Sidomulyo, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, diketahui mengidap virus parvo. Virus yang mempunyai nama latin Canine Parvovirus (CPV) ini merupakan salah satu virus mematikan yang menyerang anjing.

Dari total 34 ekor anjing yang diselamatkan, terdapat tiga ekor yang mati karena virus tersebut. Saat ini, sebanyak enam ekor anjing mengalami kritis dan sisanya telah tepapar virus Parvo.

1. Selama disekap, anjing mengalami mal nutrisi

Semua Anjing yang Diselamatkan dari Tempat Jagal Terpapar Virus ParvoKondisi Anjing saat disekap di rumah jagal. IDN Times/ dok Polres Blitar

Founder Animals Hope Shelter, Christian Joshua Pale menerangkan, saat dievakuasi, seluruh anjing mengalami kekurangan nutrisi atau mal mutrisi. Selama disekap oleh pemilik jagal, hewan tersebut tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Selain itu, kondisi ruang penyekapan juga sangat buruk sehingga membuat sistem imun di dalam tubuh anjing menurun dan terkena serangan virus parvo. "Semua anjing yang kami selamatkan telah terpapar virus parvo karena kondisi saat disekap sangat memprihatinkan," ujarnya, Senin (28/03/2022).

2. Dapat bantuan perawatan dari PDHI Blitar

Semua Anjing yang Diselamatkan dari Tempat Jagal Terpapar Virus ParvoTim medis sedang memeriksa kesehatan salah satu Anjing. faccebook.com/ Animal Hope Shleter

Sejak dievakuasi dari rumah jagal, Animals Hope Shelter mendapat bantuan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) untuk merawat Anjing tersebut. Tim Animals Hope Shelter menyewa sebuah rumah untuk dijadikan ruang karantina bagi hewan ini.

Mereka memeriksa kesehatan anjing tersebut serta memberi obat dan perawatan. Terdapat 6 ekor anjing yang dalam kondisi krtis karena serangan virus Parvo tersebut. "Semua anjing sudah terpapar virus Parvo, 6 kritis yang lainnya dalam tahap pemulihan," terangnya.

Baca Juga: Rumah Jagal Anjing di Blitar Digerebak Polisi

3. Galang donasi untuk biaya perawatan

Semua Anjing yang Diselamatkan dari Tempat Jagal Terpapar Virus ParvoSalah satu Anjing yang diselamatkan dari rumah jagal Blitar. facebook.com/ animal hope shelter

Pihak Animals Hope Shelter juga membuka donasi untuk merawat puluhan ekor anjing ini. Beragam kebutuhan mulai dari makanan hingga obat-obatan sangat dibutuhkan. Tim Animal Shelter Hope sendiri akan berada di Blitar hingga kondisi anjing ini membaik. Minimal mereka akan menunggu sampai masa kritis anjing terlewati.

"Kira-kira masih sekitar dua hingga tiga minggu lagi, yang jelas kami masih di Blitar sampai masa kritis anjing yang terpapar virus Parvo terlewati," pungkasnya.

Sebelumnya, Polisi di Blitar menggerebek sebuah penjagalan anjing Mili Kateni, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar. Dalam penggerebekan ini mereka mengamankan 34 ekor anjing yang akan dijagal. Selain itu Polisi juga menemukan 6 ekor anjing mati yang disimpan di sebuah freezer.

Lima orang saksi telah diminta keterangan terkait kasus ini. Dari hasil pemeriksaan sementara, Anjing ini dijual dengan harga Rp250 ribu per ekornya. Sedangkan untuk daging anjing dijual seharga Rp40 ribu per kilogram.

Baca Juga: Aktivitas Jagal Anjing di Blitar, 5 Orang Diperiksa Polisi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya