Sempat Terancam Batal, 3 JCH Tulungagung Berangkat Tahun Ini

Hasil koordinasi Kemenag dengan tim kesehatan

Tulungagung, IDN Times - Sempat dinyatakan tidak mampu secara kesehatan, tiga Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tulungagung dipastikan dapat berangkat tahun ini. Ketiga jemaah ini awalnya terancam batal berangkat karena faktor kesehatan. Setelah dilakukan koordinasi dengan tim kesehatan, mereka dinyatakan bisa berangkat haji.

1. Satu JCH berangkat menyusul dengan kloter lain karena belum vaksin COVID 19

Sempat Terancam Batal, 3 JCH Tulungagung Berangkat Tahun IniSalah satu jemaah calon haji asal Tulungagung yang berangkat tahun ini. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Kemenag Tulungagung, Mohammad Nasim mengatakan, dua jemaah tersebut diketahui memiliki penyakit TBC dan satu sisanya belum mendapatkan suntikan vaksin COVID 19. Berdasarkan hasil koordinasi dengan tim kesehatan, dua jemaah yang menderita penyakit TBC bisa berangkat karena belum termasuk akut dan tidak menular.

Mereka bisa berangkat bersama rombongan dan sesuai dengan kloter yang ditentukan. "Untuk yang belum mendapatkan suntik vaksin juga berangkat tahun ini tapi menyusul dengan kloter berikutnya," ujarnya, Selasa (06/06/2023).

Baca Juga: Innalillahi, 21 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci

2. Mereka dijadwalkan terbang ke tanah suci Kamis pagi

Sempat Terancam Batal, 3 JCH Tulungagung Berangkat Tahun IniJemaah calon haji asal Tulungagung yang berangkat tahun ini. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tahun ini sebanyak 1.170 JCH asal Tulungagung berangkat ke tanah suci. Dari jumlah tersebut 92 jemaah telah berangkat lebih dulu pada Senin (05/06/2023). Mereka bergabung dengan kloter 34 dari Kabupaten Nganjuk. Sedangkan sisanya masuk dalam kloter 37,38 dan 39 dan berangkat bersama-sama Selasa malam. Jemaah tersebut dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Sukolilo Rabu pagi dan akan terbang pada hari Kamis mendatang.

"Malam ini yang berangkat sekitar 1.093 jemaah dan diangkut menggunakan 25 bus yang disiapkan oleh Pemkab," tuturnya.

3. Puluhan ASN ajukan cuti ibadah haji

Sempat Terancam Batal, 3 JCH Tulungagung Berangkat Tahun IniSalah satu jemaah calon haji asal Tulungagung yang berangkat tahun ini. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berpesan kepada para ASN yang berangkat haji untuk ikut serta membantu jemaah yang berusia lanjut. Sebanyak 34 ASN mengajukan cuti untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka diharapkan dapat membantu petugas haji dalam mengawasi jemaah yang berusia lanjut. "Karena mayoritas jemaah haji kita berusia diatas 60 tahun, kami harapkan para ASN bisa ikut membantu mengawasi dan membantunya," pungkasnya.

Baca Juga: Usai Salat di Masjid Nabawi, Jemaah Haji Ini Meninggal Dunia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya