Sambut Imlek, Baju Dewa di Klenteng Tulungagung Diganti Warna Merah

Lambang kebahagiaan dan keceriaan

Tulungagung, IDN Times - Sejumlah ritual menyambut tahun baru Imlek digelar di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung. Salah satunya ritual tradisi mengganti baju dewa, yang dilakukan sepekan menjelang imlek. Baju dewa yang sebelumnya berwarna kuning, diganti dengan warna merah khas Imlek. Warna merah sendiri melambangkan kegembiraan dan keceriaan menyambut tahun baru.

1. Terdapat 17 dewa yang diganti bajunya

Sambut Imlek, Baju Dewa di Klenteng Tulungagung Diganti Warna MerahBaju Dewa di Klenteng diganti warna merah. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bioma Klenteng Tjoe Tik Kiong, Tjio Jing Jing menerangkan terdapat 17 dewa yang diganti bajunya menjelang perayaan Imlek ini. Sebelum diganti baju, mereka membersihkan terlebih dahulu patung dewa yang ada di Klenteng ini. Setelah itu mereka mengganti baju dewa dengan warna merah. Nantinya baju ini akan diganti kembali saat perayaan ulang tahun Mak Co Tian Shang Sheng Mu, yang merupakan Dewa utama di klenteng tersebut.

"Kalau mau perayaan ulang tahun bajunya diganti yang warna kuning, perayaan ulang tahunnya pada Maret mendatang," ujarnya, Minggu (23/01/2022).

Baca Juga: Resep Mie Soun Kuah Oyong Khas Imlek,  Wajib Ada Saat Imlek

2. Hanya bisa dilakukan oleh perempuan belum menikah atau janda

Sambut Imlek, Baju Dewa di Klenteng Tulungagung Diganti Warna MerahUmat membersihkan patung dewa di Klenteng Tjoe Tik Kiong, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tidak semua orang bisa mengganti baju dewa ini. Sesuai dengan permintaan Mak Co, hanya perempuan yang belum menikah atau janda yang diperbolehkan untuk melakukan ritual tradisi ini. Setelah semua baju dewa diganti, mereka kemudian melakukan sembahyang. "Intinya yang boleh mengganti baju adalah yang masih singgle, belum menikah atau sudah janda," tuturnya.

Baca Juga: 20 Ide Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 dalam Berbagai Bahasa

3. Masih ada ritual sembahyang Shang Sin dan mengayak abu

Sambut Imlek, Baju Dewa di Klenteng Tulungagung Diganti Warna MerahUmat melakukan sembahyang usai mengganti baju dewa. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Menurut Jing Jing, setiap klenteng memiliki ritual tradisi yang berbeda dalam menyambut Imlek. Untuk Klenteng Tjoe Tik Kiong, selain ritual mengganti baju dewa, terdapat ritual lain yakni sembahyang Shang Sin dan mengayak abu. Ritual ini dilakukan sebelum perayaan imlek. "Nanti tanggal 31 Januari sore ada sembahyang imlek, tapi karena dalam masa pandemik tidak ada sembahyang bersama," pungkasnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya