Politisi Senior VS Pendatang Baru Bertarung di Pilkada Kota Blitar

Dua Paslon mendaftar ke KPU

Blitar, IDN Times - Dua pasangan Bacawalkot dan Bacawawalkot Kota Blitar telah mendaftar ke KPU setempat. Hingga batas waktu yang ditentukan hanya ada dua pasangan yang mendaftar. Pasangan tersebut adalah Bambang Rianto-Bayu Kuncoro dan Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba. Pasangan ini bakal bersaing pada Pilkada Kota Blitar tahun ini. Berikut profil kedua pasangan tersebut.

Baca Juga: Bawaslu Blitar Cermati Video Sebar Uang di Depan Kantor KPU

1. Pasangan Bambang-Bayu berpengalaman di politik

Politisi Senior VS Pendatang Baru Bertarung di Pilkada Kota BlitarPasangan Bambang Riyanto- Bayu Kuncoro usai mendaftar ke KPU Kota Blitar. IDN Times/ istimewa

Pasangan Bambang-Bayu banyak disebut sebagai sosok politikus senior. Mereka banyak memiliki pengalaman di dunia politik. Pasangan ini diusung oleh PDIP, Gerindra, Golkar, PPP dan 6 partai nonparlemen. Bambang diketahui pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Blitar satu periode, setelah itu berlanjut sebagai DPRD Jawa Timur selama dua periode. Saat itu, Bambang berangkat sebagai anggota legislatif dengan Hanura.

Pada Pileg 2024, Bambang bergabung dengan PKB dan berakhir gagal mendapat kursi di DPR RI. Bambang akhirnya berlabuh ke PDIP untuk ikut serta dalam kontestasi Pilwali Kota Blitar. Sedangkan sosok Bayu Kuncoro yang merupakan kader militan PDIP.

Bayu tercatat sebagai anggota DPRD Kota Blitar 2019-2024. Tahun ini, harusnya Bayu juga ikut dilantik sebagai anggota legislatif terpilih untuk periode 2024-2029. Namun, Bayu mantap memilih mundur dari kursi legislatif untuk mendampingi Bambang Kawit maju di Pilwali Kota Blitar 2024.

2. Lawan pasangan anak muda

Politisi Senior VS Pendatang Baru Bertarung di Pilkada Kota BlitarPasangan Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba usai mendaftar ke KPU Kota Blitar. IDN Times/ istimewa

Sedangkan rivalnya, pasangan Ibbin - Elim adalah wajah baru bagi masyarakat Kota Blitar. Ibbin-Elim digadang-gadang sebagai pasangan dari kalangan muda. Ibbin diketahui merupakan Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor, sekaligus kader PKB. Sementara, Elim merupakan kader Gerindra yang sempat gagal melaju di Pileg 2024. Ibbin-Elim diusung oleh PKB, PAN, Demokrat, dan 3 parta nonparlemen. Sebagai paslon yang mewakili kalangan muda, mereka kompak menawarkan gebrakan baru untuk memajukan Kota Blitar.

3. Telah jalani tes kesehatan di Malang

Politisi Senior VS Pendatang Baru Bertarung di Pilkada Kota BlitarKPU Kota Blitar saat mengumumkan paslon yang mendaftar. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Ketua KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya mengatakan dua Bapaslon ini sudah melaksanakan proses pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Dalam tes kesehatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, mereka diperiksa kesehatan jasmani dan rohani.

"Semua Paslon didampingi masing-masing oleh Tim Kesehatan dari Dinkes Kota Blitar untuk menjamin semua proses di RSSA berjalan sesuai Prosedur dan Regulasi," pungkasnya, Senin (02/09/2024).

Baca Juga: Aksi Sebar Uang di Depan KPU Blitar, Ini Hasil Kajian Bawaslu 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya