Pegawai Terminal di Kota Blitar Positif COVID-19

Ia bertugas mengarahkan penumpang ke bilik sterelisasi

Blitar, IDN Times - Seorang pegawai Kementerian Perhubungan yang berdinas di Terminal Bus tipe A Patria Blitar dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut diduga tertular dari para penumpang yang datang dari luar kota. Pasien diketahui selama ini bertugas mengarahkan penumpang yang datang dari luar kota untuk masuk ke bilik sterilisasi terlebih dahulu.

1. Hasil rapid test dinyatakan reaktif

Pegawai Terminal di Kota Blitar Positif COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Terminal Tipe A Patria Blitar, Verie Sugianto menjelaskan pasien terpapar virus COVID-19 setelah pihak terminak melakukan rapid test. Pemeriksaan ini dilakukan musim libur panjang akhir pekan. Dari 30 pegawai yang diperiksa, dua di antaranya dinyatakan reaktif.

Mereka kemudian menindaklanjuti hasil rapid test ini dengan melakukan tes swab kepada dua pegawai tersebut. Hasilnya, satu pegawai terkonfirmasi positif COVID-19. "Beliau berusia 52 tahun dan tugasnya mengarahkan penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan. Beliau yang mengarahkan penumpang masuk dulu ke bilik sterilisasi setelah datang dari luar kota," ujarnya, Senin (09/11/2020).

2. Personel piket berkurang setiap shift

Pegawai Terminal di Kota Blitar Positif COVID-19Terminal Patria Kota Blitar, IDN Times/ istimewa

Meskipun terdapat pegawainya yang terkonfirmasi virus corona, namun operasional terminal tidak ditutup. Hanya saja hal itu berdampak pada perubahan regu yang berdinas. Hal ini dikarenakan terdapat sembilan orang yang untuk sementara waktu di rumahkan. Mereka diketahui menjalin kontak erat dengan pasien positif. Praktis, hal ini juga berdampak pada jumlah pegawai yang piket di terminal. "Terdapat 8 regu piket, nantinya setiap regu akan dikurangi 2 orang," jelasnya.

Baca Juga: Ditangkap Setelah Hina Polisi di Facebook, Pria Asal Blitar Minta Maaf

3. Usaha penerapan protokol kesehatan ketat sudah dilakukan

Pegawai Terminal di Kota Blitar Positif COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Sejumlah usaha terus dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran atau paparan covid-19. Selain uji cepat mandiri, terminal bus Patria Blitar juga sering didesinfeksi setiap bulannya. Verie juga mengimbau para penumpang yang datang maupun pergi dari Blitar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Mengutip data di Pemkot Blitar per Minggu (8/11/2020), jumlah akumulatif pasien covid-19 berjumlah 191 dengan total sembuh sebanyak 178 orang. Sementara, 9 orang meninggal dunia, 1 orang di rumah isolasi sementaradan 2 orang lainnya dirawat di rumah sakit rujukan. "Protokol kesehatan ketat selalu kota terapkan di area terminal ini," pungkasnya.

Baca Juga: Kejar Sandalnya yang Hanyut, Balita di Blitar Tewas Terseret Arus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya