Pegawai Positif Corona, 2 Kantor Instansi di Kabupaten Blitar Ditutup

Wacanakan tes swab ke seluruh pegawai

Blitar, IDN Times - Kantor Dinas Kesehatan dan kantor Bagian Humas dan Protokol Pemkab Blitar ditutup sementara wkatu. Penutupan ini dilakukan menyusul temuan kasus positif COVID-19 terhadap staf kantor tersebut. Terdapat satu pasien positif yang berasal dari Dinas Kesehatan. Sedangkan pada bagian humas dan protokol ditemukan empat kasus positif. Penutupan ini dilakukan untuk memudahkan proses desinfeksi dan tracing yang dilakukan oleh petugas.

1. Dinas Kesehatan dan Kantor Bagian Humas dan Protokol ditutup

Pegawai Positif Corona, 2 Kantor Instansi di Kabupaten Blitar DitutupIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Kuspardani menjelaskan semua staf dan pegawai di kedua kantor tersebut untuk sementara waktu dirumahkan. Penutupan kantor Dinas Kesehatan sendiri akan dilakukan selama dua hari, dan kembali aktiv pada Senin depan. Sedangkan untuk kantor bagian humas dan protokol akan ditutup selama 14 hari. "Untuk pasien positif telah kami karantina di gedung LEC," ujarnya, Kamis (06/8/2020)

2. Proses tracing masih terus berlangsung

Pegawai Positif Corona, 2 Kantor Instansi di Kabupaten Blitar DitutupIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Dari hasil tracing sementara, pasien positif yang berasal dari lingkungan Dinas Kesehatan diketahui mempunyai riwayat perjalanan dari Pasuruan. Namun belum diketahui pasti sumber penularannya. Sedangkan empat pegawai Pemkab Blitar tertular usai kontak erat dengan pasien pegawai Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Blitar.

Petugas terus melakukan upaya tracing. Metode penelusurannya juga akan dipelajari. Dinas Kesehatan akan membagi tiap pegawai menjadi tiga jenis kontak. Yakni F1 yang kontak langsung dengan pasien, F2 yang kontak dengan F1, dan seterusnya. " Ini terus kita lakukan tracing untuk mengetahui kontak erat dengan pasien tersebut," imbuhnya.

3. Seluruh pegawai di Kantor Pemkab akan di swab

Pegawai Positif Corona, 2 Kantor Instansi di Kabupaten Blitar DitutupIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Penutupan terhadap Kantor Bagian Humas dan Protokol ini berefek terhadap semua pegawai yang berkantor di Kantor Pemkab Blitar. Seluruh pegawai akan dilakukan tes swab. Hal ini dikarenakan dalam satu gedung itu terdapat saluran pendingin udara yang saling terintegrasi.

"Karena di kantor Pemkab, ACnya central bisa menyebar ke semua ruangan dengan viral load yang sama. Ini masih kita pelajari apakah swab semua atau swab beberapa orang sisanya rapid. Itu akan kita pelajari dan kita konsultasikan dengan Bupati," pungkasnya.

 

Baca Juga: Positif COVID-19, Seorang Dokter Asal Blitar Meninggal di RSSA Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya