Pasien Terduga Corona di Tulungagung Dinyatakan negatif

Hanya alami sakit ISPA

Tulungagung, IDN Times - Pasien terduga mengidap virus corona, yang menjalani perawatan isolasi di RSUD Dr Iskak Tulungagung, dinyatakan negatif. Pasien berinisial DS (41), warga Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung ini hanya mengalami sakit ISPA biasa. Pasien dinyatakan sehat dan langsung diperbolehkan pulang setelah hasil uji laboratorium terhadap sampel swab yang dikirimkan keluar.

1. Sampel swab dinyatakan negatif corona

Pasien Terduga Corona di Tulungagung Dinyatakan negatifIDN Times/Arief Rahmat

Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Supriyanto menjelaskan hasil uji laoratorium dari Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa pasien tersebut negatif COVID 19. Pihak rumah sakit langsung mengambil sampel swab setelah pasien masuk dan diisolasi.

Riwayat perjalanan pasien yang diketahui baru pulang dari Hongkong, dan sempat berkunjung ke Tiongkok sebelumnya membuat pasien harus di isolasi . "Hasil uji laboratorium negatif, pasien hanya mengalami sakit ISPA dan sudah sembuh," ujarnya, Senin (9/03).

2. Alami batuk dan pilek usai pulang dari Hongkong

Pasien Terduga Corona di Tulungagung Dinyatakan negatifDirektur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Supriyanto, IDN Times / istimewa

Pasien tersebut mulai menjalani perawatan sejak 3 Maret lalu. Ia dirujuk dari Puskesmas Rejotangan karena mengalami batuk dan pilek, usai datang dari Hongkong. Selama setahun terakhir, pasien bekerja sebagai TKW di negara tersebut. Pasien pulang pada akhir bulan Februari lalu karena ayahnya meninggal. Diduga karena kecapekan, kondisi pasien drop dan mengalami sakit. " Pasien mempunyai riwayat alergi terhadap udara dingin dan sebelumnya sempat diperiksa di Hongkong, hasilnya sama negatif corona," imbuhnya.

3. Pernah berkunjung ke Guangzhou

Pasien Terduga Corona di Tulungagung Dinyatakan negatifPasien terduga corona memeluk suami setelah dinyatakan negatif, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Sementara itu raut wajah bahagia tidak bisa disembunyikan oleh DS saat hendak meninggalkan ruang isolasi. DS langsung memeluk suaminya yang sudah menunggu di pintu. Didin menuturkan pada tanggal 27 Januari diajak oleh majikannya ke Guangzhou, Tiongkok, untuk merayakan tahun baru imlek. Setelah tinggal selama dua minggu, Didin bersama majikannya kembali ke Hongkong. Didin sempat mengalami sakit flu usai berkunjung ke Tiongkok, namun setelah diperiksa oleh tim medis setempat, Didin dinyatakan negatif corona. "Udara di sana memang dingin dan saya mempunyai riwayat alergi terhadap udara dingin," imbuhnya.

 

Baca Juga: Mobil Pengangkut Tahanan Milik Polres Tulungagung Terguling

4. Berencana kembali ke Hongkong

Pasien Terduga Corona di Tulungagung Dinyatakan negatifPeta persebaran virus corona di dunia per 4 Maret (Dok. John Hopkins CSSE)

Meskipun mengaku bosan selama di isolasi, DS mengucapkan terimakasih terhadap tim medis RSUD Dr Iskak. Selama dirawat DS mengisi waktunya dengan bermain game di gadget-nya. Setelah pulang, DS berencana akan kembali ke Hongkong karena kontrak pekerjaannya belum selesai. "Tapi kapan kembalinya saya tidak tahu karena kondisinya masih seperti ini," pungkasnya

Baca Juga: Sakit Usai Pulang dari Hongkong, Perempuan Tulungagung Ini Diisolasi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya