Comscore Tracker

Pasien Positif Corona Asal Blitar Dirawat di RSUD Kabupaten Kediri

Baru pulang dari Bogor

Kediri, IDN Times - Kabupaten Blitar menjadi daerah terbaru di Jawa Timur yang memiliki warga positif corona per Minggu petang (22/3). Yang bersangkutan diketahui berjenis kelamin perempuan. Saat ini dia dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kediri dan kondisinya terus membaik.

1. Rujukan dari rumah sakit di Blitar

Pasien Positif Corona Asal Blitar Dirawat di RSUD Kabupaten KediriIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Juru Bicara Tim Komunikasi Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri dr Bambang Triono menjelaskan, pasien tersebut mulai menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Kediri sejak Sabtu lalu (21/3). Yang bersangkutan dirujuk dari rumah sakit di Blitar ke Kediri setelah menunjukkan gejala terkena virus corona.

“Setelah dilakukan uji laboratorium, hasilnya positif terinfeksi virus corona. Ini merupakan pasien rujukan dari Blitar,” terang Bambang, Senin (23/3).

2. Status penanganan corona di Kabupaten Kediri meningkat ke siaga

Pasien Positif Corona Asal Blitar Dirawat di RSUD Kabupaten KediriIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga saat ini, tim medis masih terus memantua kondisi kesehatan pasien. Mereka juga telah berkoordinasi dengan Pemkab Blitar untuk keperluan tracing terhadap keluarga pasien.

Status penanganan corona di Kabupaten Kediri sendiri telah meningkat menjadi siaga. Hal ini dikarenakan mereka telah merawat seorang pasien positif corona.

“Tenaga medis kamis siap. Namun, saat ini dalam kondisi semakin siaga dan semakin waspada sesuai SOP penanganan pasien positif corona, karena sebelumnya kan belum ada pasien positif Corona,” imbuhnya.

Baca Juga: WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung

3. Pihak keluarga lakukan karantina mandiri

Pasien Positif Corona Asal Blitar Dirawat di RSUD Kabupaten KediriIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kabupaten Blitar Krisna Yekti menambahkan, pasien datang dari Bogor dan tiba di Blitar pada Jumat (20/3). Pasien mengaku dalam kondisi tidak sehat semenjak dari Bogor.

Pasien kemudian memeriksakan diri ke sebuah rumah sakit di Blitar. Lantaran kondisinya tidak kunjung membaik, pasien kemudian dirujuk ke RSUD Kabupaten Kediri.

"Pihak keluarga sudah melakukan karantina mandiri hingga 14 hari ke depan," tegas Krisna.

Baca Juga: [BREAKING] 41 Pasien Positif Virus Corona di Jatim, 29 dari Surabaya

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya