Melihat Pelayanan Kesehatan di Tulungagung Menyambut Era New Normal

Terapkan protokol kesehatan ketat di RSUD dan puskesmas

Tulungagung, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Iskak Tulungagung beserta Dinas Kesehatan setempat me-launching pelayanan kesehatan di era new normal. Hal ini merupakan respons atas tingginya angka kesembuhan pasien COVID 19 yang mencapai 97 persen. Melalui pelayanan kesehatan ini diharapkan masyarakat tidak takut lagi untuk berobat di rumah sakit maupun puskesmas.

1. Protokol kesehatan diperketat

Melihat Pelayanan Kesehatan di Tulungagung Menyambut Era New NormalPerawat di poli RSUD Dr Iskak Tulungagung dilengkapi APD, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Direktur RSUD Dr Iskak dr Supriyanto menjelaskan, dalam pelayanan kesehatan di era new normal ini, prosedur kesehatan menjadi prioritas utama. Para pengunjung dan pasien yang datang berobat diwajibkan untuk mengenakan masker. Karyawan, staf, dan seluruh perawat yang berjaga di setiap poli juga diwajibkan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, kami harapkan masyarakat tidak takut untuk berobat," ujarnya, Rabu (8/7/2020).

2. Kunjungan pasien selama pandemik menurun 60 persen

Melihat Pelayanan Kesehatan di Tulungagung Menyambut Era New NormalPerawat di ruang isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung kenakan APD lengkap, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Jumlah kunjungan pasien selama musim pandemik corona selama ini menurun hingga 60 persen. Banyak masyarakat yang enggan memeriksakan diri ke rumah sakit dan puskesmas karena mereka takut tertular virus corona. Adanya fobia di masyarakat ini justru merugikan mereka.

"Akhirnya mereka tidak memperoleh penanganan kesehatan yang tepat, ini sangat merugikan. Kami berharap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat mereka mau kembali berobat," tuturnya.

Baca Juga: 4 Klaster Penyebaran COVID-19 di Tulungagung Dinyatakan Selesai

3. Status puskesmas penyangga COVID-19 dihilangkan

Melihat Pelayanan Kesehatan di Tulungagung Menyambut Era New NormalPelayanan di RSUD Dr Iskak Tulungagung terapkan protokol kesehatan ketat, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung dr Kasil Rokhmad menambahkan, tiga puskesmas yang sebelumnya digunakan sebagai fasilitas kesehatan penyangga COVID-19 sudah dikembalikan ke asalnya. Sebelumnya puskesmas tersebut hanya melayani pemeriksaan pasien yang berkaitan dengan COVID-19. Namun saat ini masyarakat umum sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan kembali.

"Tidak ada lagi puskesmas penyangga, semua puskesmas bisa untuk lakukan rapid test maupun swab,"pungkasnya. 

Baca Juga: Kesembuhan Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Capai 97 Persen

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya