Kebakaran Pasar di Tulungagung, Puslabfor Polda Jatim Turun Tangan

Dua kantong sampel dibawa untuk diteliti

Tulungagung, IDN Times - Tim Puslabfor Polda Jawa Timur melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran di Pasar tradisional Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Dibantu tim Inafis Polres setempat, mereka melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran ini. Sejumlah saksi mata dihadirkan guna membantu proses olah TKP ini.

1. Olah TKP fokus di sisi timur pasar

Kebakaran Pasar di Tulungagung, Puslabfor Polda Jatim Turun TanganPuslabfor Polda Jatim lakukan olah TKP di Pasar Campurdarat. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Proses olah TKP ini difokuskan di lapak sisi timur. Dari keterangan saksi mata, titik pertama api muncul dari lapak di sisi timur. Api kemudian merembet ke lapak lain yang jaraknya berdekatan.

Banyaknya material mudah terbakar membuat api cepat membesar. Dari lokasi tersebut, petugas mengambil dua plastik berisi sampel yang akan diteliti lebih lanjut di laboratorium.

Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto menerangkan sampel yang dibawa oleh Labfor Polda Jatim ini adalah saklar lampu, kabel dan abu sisa kebakaran. Petugas selanjutnya akan meneliti sampel tersebut, untuk mengatahui pasti penyebab terjadinya kebakaran. Hingga saat ini polisi masih belum bisa mengambil kesimpulan terkait perisiwa kebakaran ini. "Nanti jika hasil dari puslabfor sudah keluar akan kita cocokkan dengan keterangan saksi, setelah itu bisa kami tarik kesimpulan," ujarnya, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Diguyur Hujan Deras, Plengsengan di Tulungagung Ambrol dan Timpa Rumah

2. Antisipasi penjarahan, perketat penjagaan di pasar

Kebakaran Pasar di Tulungagung, Puslabfor Polda Jatim Turun Tangan

Sementara itu untuk mengantisipasi terjadinya penjarahan, polisi akan melakukan penjagaan ketat di sekitar pasar. Hanya pemilik lapak dan kios saja yang diperbolehkan masuk ke dalam pasar.

Setelah olah TKP, mereka bisa masuk untuk mengambil sisa barang dagangan yang selamat dari kebakaran. "Kita sudah lakukan koordinasi dengan polsek setempat terkait pengamanan di pasar ini," pungkasnya.

3. Kebakaran terjadi dini hari tadi

Kebakaran Pasar di Tulungagung, Puslabfor Polda Jatim Turun TanganPuslabfor Polda Jatim lakukan olah TKP di Pasar Campurdarat. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sebelumnya ratusan lapak milik pedagang di pasar tradisional Campurdarat, ludes dilalap api Rabu (17/3/2021) dini hari. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Pemkab, total terdapat 372 lapak yang terbakar.

Mayoritas lapak berada di sisi timur pasar. Pihak Pemkab sendiri berancana akan merelokasi pedagang tersebut, ke lapangan setempat. Selain itu Pemkab juga akan segera mengusulkan pembangunan pasar ke Pemprov Jatim.

Baca Juga: Ratusan Lapak di Pasar Campurdarat Tulungagung Ludes Terbakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya