Comscore Tracker

Hore, 439 CJH Asal Tulungagung Berangkat Tahun Ini

Telah lakukan pelunasan di tahun 2020 lalu

Tulungagung, IDN Times - Sebanyak 439 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tulungagung akan berangkat tahun ini. Jumlah yang berangkat ini mengalami penurunan dibanding saat pelaksanaan ibadah haji sebelum masa pandemik COVID-19. Jemaah yang akan berangkat tahun ini merupakan mereka yang telah melakukan pelunasan pada tahun 2020 lalu.

1. Kuota haji menurun hingga 45 persen

Hore, 439 CJH Asal Tulungagung Berangkat Tahun IniKepala Kantor Kemenag Tulungagung, MUhajir. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Kantor Kemenang Tulungagung, Muhajir mengatakan penurunan kuota haji asal Kabupaten Tulungagung ini mengikuti penurunan kuota secara nasional sekitar 45 persen. Kuota haji untuk wilayah Jawa Timur tahun ini sekitar 15.956 orang. Jumlah tersebut dibagi ke seluruh Kota dan Kabupaten.

Hasilnya, Tulungagung memperoleh kuota 439 jemaah dengan cadangan 51 orang. " Dari Tulungagung yang akan berangkat 439 CJH, kuotanya memang mengalami penurunan mengikuti kuota nasional," ujarnya, Kamis (12/05/2022).

2. Terdapat batas usia dan syarat lainnya

Hore, 439 CJH Asal Tulungagung Berangkat Tahun IniSuasana pendaftaran haji di Kemenag Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Berdasarkan data, terdapat 996 CJH yang sudah melakukan pelunasan biaya haji pada tahun 2020 lalu. Pihak Kemenag sendiri akan melakukan verifikasi siapa CJH yang bisa berangkat haji tahun ini.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh jemaah untuk dapat berangkat. Di antaranya belum pernah berhaji dan berusia maksimal 65 tahun. "Meskipun sudah melunasi biaya haji di tahun 2020 tapi kalau syarat tersebut tidak terpenuhi tidak bisa berangkat tahun ini," terangnya.

Baca Juga: Tak Terpengaruh PMK, Penjualan Sapi dan Kambing di Tulungagung Normal

3. Yang tidak berangkat tahun ini menjadi prioritas di tahun depan

Hore, 439 CJH Asal Tulungagung Berangkat Tahun IniIlustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Bagi jemaah yang tidak berangkat tahun ini, mereka akan masuk dalam daftar prioritas di tahun depan. Jemaah yang akan berangkat tahun ini mayoritas mendaftar haji pada tahun 2013 lalu. Calon jamaah haji Indonesia tahun 2022 ini berangkat pertama pada 4 Juni 2022. Namun jadwal keberangkatan untuk setiap kloter masih belum ada penetapan. "Kita masih melakukan verifikasi siapa saja nama jemaah yang berangkat tahun ini," pungkasnya.

Baca Juga: 33 Ribu Calon Jemaah Haji Jatim Menanti Kepastian

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya