Gunung Bawah Laut Ditemukan di Pacitan

Gunung bawah laut setinggi 2.300 meter dari dasar laut.

Pacitan, IDN Times – Pemkab Pacitan masih memikirkan nama gunung baru, yang ditemukan di bawah laut oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). Letak gunung bawah laut ini berada sekitar 200 kilometer arah barat daya Kabupaten Pacitan. Pihak Pemkab sendiri masih melakukan kajian terkait pemberian nama gunung tersebut.

1. Tidak berada di zona ekplisit

Gunung Bawah Laut Ditemukan di PacitanBupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji dalam sebuah acara. instagram.com/pemkabpacitan

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji mengatakan pihak BIG secara resmi telah memberitahukan keberadaan gunung baru yang terletak di bawah laut ini. Lembaga pemerintah nonkementerian itu menemukan gunung bawah laut di kawasan perairan Pacitan. Gunung ini diperkirakan memiliki tinggi 2.300 meter dari dasar laut.

"Lokasinya tidak berada di zona ekplisit, masih di Indonesia dan masuk wilayah Kabupaten Pacitan," ujarnya, Minggu (12/02/2023).

Baca Juga: Gempa Megathrust Pacitan Berjenis Dangkal

2. Muncul karena fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia

Gunung Bawah Laut Ditemukan di PacitanKondisi lempeng Indo-australia/dok. BMKG Mataram

Kemunculan gunung bawah laut itu berdasarkan fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia di Samudera Hindia. Analisa ini diungkapkan tim BIG setelah mereka melakukan proses survei dan pemetaan dengan inventarisasi sumber-sumber alam.

"Mereka lalu melaporkan temuan ini ke kami dan meminta Pemkab untuk memberi nama terhadap gunung tersebut," tuturnya.

3. Masih lakukan kajian untuk tentukan nama gunung

Gunung Bawah Laut Ditemukan di PacitanBupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji dalam sebuah acara. instagram.com/pemkabpacitan

Aji mengaku hingga saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait pemberian nama gunung tersebut. Mereka masih mencari nama yang tepat dan dapat menjadi doa. Keberadaan gunung bawah laut ini diharapkan tidak menjadi bencana dan dapat membawa keberkahan bagi masyarakat. "Yang jelas namanya bukan nama seseorang, bukan gunung Aji," pungkasnya.

Baca Juga: Hidden Gem, Potret 10 Pantai di Pacitan yang Jarang Dikunjungi Turis

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya