Gerah Buang Sampah Sembarangan, warga Tulungagung Buat Kuburan Palsu

Efektif kurangi pembuangan sampah

Tulungagung, IDN Times - Warga RT 01/01, Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, mempunyai cara tersendiri untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Mereka membangun sebuah kuburan palsu, di lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Kuburan palsu ini dibuat di tepi jembatan, dan tidak jauh dari lokasi komplek pemakaman umum desa tersebut. Hasilnya sampah rumah tangga yang biasa dibuang di lokasi tersebut, menurun drastis. Bahkan lokasi itu sekarang nampak bersih dari sampah.

1. Warga bergotong royong bikin kunburan palsu

Gerah Buang Sampah Sembarangan, warga Tulungagung Buat Kuburan PalsuWarga bangun kuburan palsu di lokasi pembuangan samoah, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Saat dikonfirmasi, Ketua RT setempat, Suwito membenarkan pembangunan kuburan buatan ini. Kuburan ini sempat menjadi viral di media sosial karena lokasinya yang tak lazim. Warga secara bergotong royong membuat kuburan palsu ini. Mereka menggunakan batu nisan bekas yang diambil dari dalam komplek pemakaman umun sehingga kuburan ini terkesan asli. "Spontan saja kami membuat kuburan palsu ini karena geram dengan pelaku pembuangan sampah di lokasi tersebut," ujarnya, Rabu (11/03).

2. Lokasi dijadikan tempat pembuangan sampah

Gerah Buang Sampah Sembarangan, warga Tulungagung Buat Kuburan PalsuKetua RT 01/01 Desa Ngranti, Suwito, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Suwito menjelaskan, lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah selama bertahun tahun. Tidak diketahui pasti siapa pelaku pembuangan sampah ini. Warga mengaku resah karena setiap kali dibersihkan selalu ada sampah baru keesokan harinya. Pihak desa bahkan sudah menjanjikan hadiah bagi siapa yang bisa menangkap pelaku pembuangan sampah.

Namun cara tersebut ternyata tidak berhasil dan mereka tetap membuang sampah di lokasi tersebut. " Beragam sampah rumah tangga seperti pampers, plastik bahkan rumah siput juga dibuang di lokasi ini," imbuhnya.

Baca Juga: Pasien Terduga Corona di Tulungagung Dinyatakan negatif

3. Hasilnya sangat efektif

Gerah Buang Sampah Sembarangan, warga Tulungagung Buat Kuburan PalsuWarga bangun kuburan palsu di lokasi pembuangan samoah, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Warga berharap pelaku pembuangan sampah ini sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. "Walaupun mereka tahu kuburan ini palsu tapi diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar bisa bertambah," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Tulungagung Anggarkan Rp1,8 M untuk Penanganan Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya