Bayar Mahal Haji Furoda, Wakil Ketua DPRD Tulungagung Gagal Berangkat

Padahal sudah membayar Rp390 juta!

Tulungagung, IDN Times - Keinginan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini harus kembali dipendam oleh Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Ahmad Baharudin. Politisi Partai Gerindra ini menjadi salah satu jemaah Haji Furoda, yang gagal berangkat. Baharudin mendaftar Haji Furoda ini melalui salah satu biro perjalanan Haji dan Umroh terkemuka. Bersama 60 orang lain, pengusaha ini dipastikan gagal berangkat.

1. Mendaftar Haji Furoda tahun 2019

Bayar Mahal Haji Furoda, Wakil Ketua DPRD Tulungagung Gagal BerangkatSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Baharudin mengaku masih berada di Jakarta untuk mendapatkan kepastian dari pihak biro perjalanan Haji dan Umroh. Pria yang sudah dua kali menjabat sebagai anggota legislatif ini mendaftar Haji Furoda pada tahun 2019 lalu.

Awalnya Baharudin akan berangkat haji di tahun 2020. Namun karena pandemik rencana tersebut batal. "Saya juga sudah ikut manasik haji di tahun 2020 tapi tidak jadi berangkat karena pemerintah Arab Saudi waktu itu meniadakan ibadah haji karena COVID-19," ujarnya, Kamis (07/07/2022).

2. Bayar US$26 ribu untuk dua orang

Bayar Mahal Haji Furoda, Wakil Ketua DPRD Tulungagung Gagal BerangkatSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Menurut Baharudin, terdapat dua pilihan harga yang ditawarkan oleh pihak biro perjalanan. Pilihan itu, yakni US$ 25 ribu atau Rp375 juta untuk satu kamar berisi 4 orang dan US$26 ribu atau Rp390 juta untuk satu kamar berisi dua orang.

Baharudin memilih paket kedua karena berangkat bersama istrinya. Harga tersebut belum termasuk tiket keberangkatan dari Surabaya ke Jakarta. Rencananya, Baharudin akan berangkat pada Minggu (03/07/2022) lalu. "Tapi ternyata Visa dari pemerintah Arab Saudi belum jadi dan semalam dipastikan kami batal berangkat," tuturnya.

Baca Juga: Kemenag Terima Laporan Lebih dari 1.600 Calon Haji Furoda

3. Pihak biro tawarkan uang bisa diambil atau berangkat haji tahun depan

Bayar Mahal Haji Furoda, Wakil Ketua DPRD Tulungagung Gagal BerangkatIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Total terdapat 62 calon jemaah Haji Furoda yang gagal berangkat dari biro perjalanan yang sama. Sebanyak 4 di antaranya berasal dari Tulungagung. Pihak biro perjalanan sendiri memberikan pilihan kepada para jemaah untuk mengambil kembali uang pendaftaran atau berangkat haji tahun depan.

Pemberitahuan ini diumumkan secara lisan. Meskipun begitu Baharudin mengaku belum mengambil sikap atas pilihan ini. "Sekarang yang paling penting pulang dulu ke rumah, ini sedang mencari tiket untuk bisa pulang," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya