Antisipasi Corona, Lapas Tulungagung Disemprot Cairan Disinfektan

Besuk ke lapas diganti video call

Tulungagung, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menyemprot disinfektan di lingkungan Lapas Klas II B Tulungagung, Jumat (20/3). Seluruh ruangan mulai dari sel tahanan, ruang bengkel, dan produksi, serta area kantor disemprot untuk mencegah penyebaran virus corona.

1. Sesuai surat edaran Kemenkumham

Antisipasi Corona, Lapas Tulungagung Disemprot Cairan DisinfektanPetugas semprotkan cairan disinfektan di area lapas klas IIb Tulungagung, IDN Times / istimewa

Kalapas Tulungagung Tunggul Buwono menjelaslan, pelaksanaan penyemprotan ini dilakukan setelah terbitnya surat edaran dari Kemenkumham. Mereka kemudian mengajukan bantuan ke dinas kesehatan setempat untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini rencananya akan dilakukan secara berkala, agar virus maupun bakteri tidak masuk ke dalam lapas.

"Kami akan koordinasi lagi dengan dinas kesehatan untuk melakukan penyemprotan lagi, yang jelas rencananya penyemprotan ini akan dilakukan secara berkala," ujarnya, Jumat (20/3).

2. Pantau kondisi kesehatan warga binaan

Antisipasi Corona, Lapas Tulungagung Disemprot Cairan DisinfektanPetugas semprotkan cairan disinfektan di area lapas klas IIb Tulungagung, IDN Times / istimewa

Selain melakukan penyemprotan, pihak lapas juga memeriksa kondisi kesehatan seluruh warga binaan. Saat ini terdapat 749 warga binaan yang menghuni lapas ini. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya warga binaan yang suhu tubuhnya tinggi. Pemantauan kesehatan ini akan dilakukan setiap hari, dengan bantuan tim medis dari Puskesmas setempat.

"Sesuai SOP jika ditemukan ada warga binaan yang suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat  celcius akan langsung dirujuk ke rumah sakit," imbuhnya.

Baca Juga: Dilarang Membesuk Napi, Lapas Lamongan Sediakan Layanan Video Call

3. Hentikan sementara kunjungan ke lapas

Antisipasi Corona, Lapas Tulungagung Disemprot Cairan DisinfektanNarapidana lapas klas II b Tulungagung, IDN Times / Bramanta Pamungkas

Sementara itu, pihak lapas juga akan menghentikan sementara jadwal kunjungan keluarga warga binaan. Peraturan ini mulai berlaku sejak Senin mendatang (23/3) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sebagai pengganti, nantinya mereka menyediakan layanan video call. Sebanyak 6 unit akan diletakkan di blok sel laki laki dan 1 unit di blok sel perempuan. Selain itu mereka juga tidak melakukan pemindahan warga binaan ke Lapas lain.

"Kami juga tidak menerima pindahan warga binaan dari lapas lain. Itu sudah ada peraturannya hingga waktu yang belum ditentukan, " pungkasnya.

Baca Juga: Hanya Berkapasitas 456 Lapas Klas II B Tulungagung Dihuni 736 Orang

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya