8 Desa di Trenggalek Terdampak Banjir dan Longsor

Beberapa jembatan putus diterjang Banjir

Trenggalek, IDN Times - Bencana banjir dan tanah longsor kembali terjadi di beberapa titik di wilayah Kabupaten Trenggalek. Hujan deras yang terjadi sejak Kamis (3/11/2022) kemarin sore, membuat beberapa titik banjir. Hujan deras juga membuat arus sungai deras dan merusak sejumlah jembatan penghubung.

1. Bencana terjadi di wilayah pesisir selatan

8 Desa di Trenggalek Terdampak Banjir dan LongsorTanah longsor di wilayah Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Sekretaris BPBD Trenggalek, Tri Puspita Sari mengatakan sedikitnya 8 desa di wilayah Kecamatan Watulimo dan Munjungan terdampak bencana alam ini. Belum ada laporan korban jiwa sejauh ini. Namun, banjir dan longsor yang terjadi sporadis menyebabkan sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan rusak. Longsor di jalur Watulimo-Kampak-Munjungan bahkan menutup akses jalan sehingga arus lalu lintas putus total.

"Banjir dan tanah longsor terjadi di 8 desa di Kecamatan Munjungan dan Watulimo yang semuanya ada di kawasan pesisir selatan Trenggalek," ujarnya, Jumat (04/11/2022).

Baca Juga: Rumah Warga di Tulungagung Terendam Banjir, Kiriman dari Trenggalek

2. Hujan deras sejak kemarin sore hingga malam

8 Desa di Trenggalek Terdampak Banjir dan LongsorLongsor di wilayah Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Di wilayah Kecamatan Munjungan, banjir melanda sejumlah titik di Desa Tawing, Bangun, Munjungan, dan Bendoroto. Sementara di Kecamatan Watulimo, banjir bandang menerjang sebagian besar wilayah Desa Karanggandu, Prigi, Tasikmadu dan Desa Sawahan. Banjir yang terjadi di dua kecamatan itu dipicu akibat luapan air sungai karena tak mampu membendung debit air yang meningkat. Hujan deras terjadi sejak kemarin sore hingga malam hari sehingga menyebabkan debit air di sungai meluap.

"Bencana hidrometeorologi ini terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Trenggalek mulai pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB, " terangnya.

3. Pemkab penuhi kebutuhan logistik

8 Desa di Trenggalek Terdampak Banjir dan LongsorJembatan putus terkena banjir di Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Petugas gabungan saat ini masih melakukan identifikasi di lapangan soal dampak yang ditimbulkan akibat dampak bencana hidrometeorologi tersebut. Pihak Pemkab setempat juga bereaksi cepat mengambil langkah strategis untuk menanggulangi banjir tersebut. Langkah itu antara lain dengan melakukan penanganan jangka pendek meliputi aspek ketersediaan logistik hingga kesehatan masyarakat terdampak.

"Beberapa jembatan putus kemungkinan ada masyarakat yang terisolir dampak hujan semalam di Watulimo dan Munjungan. Kita ke lokasi. Melakukan penanganan darurat dan mempersiapkan rehabilitasi dan rekonstruksi jangka panjang,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Baca Juga: Bikin Warga Trenggalek Tewas, Ini Bahaya Patukan King Cobra

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya