3 RPH di Tulungagung Siap Layani Penyembelihan Hewan Kurban

Warga diminta mendaftar jika ingin menyembelih di RPH

Tulungagung, IDN Times - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung, memastikan seluruh Rumah Potong Hewan (RPH) siap melayani penyembelihan hewan kurban. Hanya terdapat 3 RPH di wilayah Tulungagung, yakni RPH Ketanon, RPH Ngunut dan RPH Bandung. Masyarakat yang hendak menggunakan fasilitas RPH ini diminta segera mendaftarkan, untuk dilakukan penjadwalan. Penyembelihan hewan kurban sendiri bisa berlangsung selama 3 hari.

1. Bisa gunakan fasilitas di RPH secara gratis

3 RPH di Tulungagung Siap Layani Penyembelihan Hewan KurbanPetugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung periksa hewan kurban. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kurban Kabupaten Tulungagung, Mulyanto menerangkan seluruh fasilitas yang ada dalam RPH tersebut bisa digunakan secara gratis tanpa dipungut retribusi. Meskipun begitu jika masyarakat menginginkan jasa lebih seperti pengulitan, hendaknya melakukan transaksi sendiri dengan petugas di RPH.

"Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk penyembelihan, kalau mau menguliti ada petugasnya juga tapi biayanya silahkan negosiasi sendiri, atau kalau mau membawa tukang sendiri untuk menguliti juga diperbolehkan," ujarnya, Sabtu (17/7/2021).

2. Kapasitas mampu menyembelih 60 ekor sapi

3 RPH di Tulungagung Siap Layani Penyembelihan Hewan KurbanPetugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung memeriksa kondisi hewan korban, IDN Times/ istimewa

Dalam setiap hari, ketiga RPH ini mampu menyembelih hingga 60 ekor sapi. Hanya hewan kurban sapi saja yang bisa dilayani di RPH tersebut. Sedangkan untuk hewan kurban kambing penyembelihan dilakukan sesuai surat edaran dari kementerian agama. Dalam surat edaran tersebut penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. "Untuk itu bagi warga yang ingin menyembelih di RPH kami harap bisa segera mendaftar untuk dilakukan penjadwalan," imbuhnya.

Baca Juga: 10 Meme Hewan Kurban Jelang Idul Adha Bikin Perut Tergelitik

3. Petugas dikerahkan memantau pelaksanaan penyembelihan kurban

3 RPH di Tulungagung Siap Layani Penyembelihan Hewan KurbanPetugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung memeriksa kondisi hewan korban, IDN Times/ istimewa

Petugas dari Puskeswan juga akan disebar untuk memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Terdapat 5 Puskeswan dengan puluhan petugas yang siap melakukan pemantauan. Selain memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban yang akan disembelih, petugas juga memeriksa daging hewan kurban tersebut sebelum dibagikan ke masyarakat. "Ini kita lakukan untuk menghindari adanya penyakit zoonosis atau penularan penyakit dari hewan ke manusia maupun sebaliknya," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pakaian Muslim untuk Idul Adha, Anggun meski di Rumah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya