Comscore Tracker

Viral Jenazah di Kediri Tak Diantar Tetangga, Ini Penjelasan Kades

Bukan cerita di Indosiar ya gaes

Kediri, IDN Times - Sebuah video perangkat Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri sedang mengangkat jenazah warganya untuk dimakamkan viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit 13 detik ini tertulis perangkat desa ini melakukan hal tersebut karena tidak ada tetangga yang mengurus jenazah.

Kematiannya sebenarnya telah diumumkan, namun mayoritas warga setempat masih bekerja sehingga yang mengantar ke makam hanya para perangkat desa. Selain itu terdapat narasi lain yang menjelaskan bahwa jenazah tersebut tidak diantar ke pemakaman karena selama hidup tidak pernah bergaul dengan tetangganya.

1. Narasi dalam video salah 

Viral Jenazah di Kediri Tak Diantar Tetangga, Ini Penjelasan KadesSunarti menunjukkan makam warganya yang viral. IDN Times/ istimewa

Kepala Desa Kedak, Sunarti memberikan penjelasan terkait viralnya video pemakaman jenazah yang hanya diantar oleh perangkat desa. Menurutnya, peristiwa tersebut memang benar namun narasinya yang salah.

Sunarti membantah bahwa almarhum selama hidupnya anti sosial. Almarhum selama ini mengalami keterbelakangan mental dan hidup dalam kekurangan. “Kami sangat paham sekali kondisi yang bersangkutan, baik dari kondisi mental dan ekonomi itu sangat-sangat kurang. Kami selaku kepala desa beserta perangkat langsung kita tanggap begitu kita dengar ada yang meninggal di keluarga itu langsung kita bergerak untuk menangani, tidak menunggu yang lain dulu,” ujarnya, Kamis (22/9/2022)

2. Ini kondisi sebenarnya yang terjadi

Viral Jenazah di Kediri Tak Diantar Tetangga, Ini Penjelasan KadesScrenshoot video pemakaman di Kediri yang viral. IDN Times/istimewa

Selain kondisi keluarga, kondisi di lingkungan tersebut sangat tidak memungkinkan untuk melakukan penanganan cepat terhadap jenazah karena banyak dihuni oleh janda. Sedangkan untuk bapak-bapak sudah berangkat kerja.

Namun, saat jenazah tiba di pemakaman umum, banyak warga yang membantu. “Sangat tidak benar, bahkan ini video pas pemakaman ada kok, banyak warga. Mereka yang viral itu mungkin tidak tahu kondisi sesungguhnya. Jadi keluarga itu memang kondisinya sangat kurang makanya kami dari pemerintah desa segera mengambil tindakan agar cepat selesai gitu aja,” tuturnya.

Baca Juga: Muazin Musala di Kediri Meninggal di Tengah Azan

3. Polisi dalami motif pengunggah video

Viral Jenazah di Kediri Tak Diantar Tetangga, Ini Penjelasan KadesSunarti menunjukkan makam warganya yang viral. IDN Times/ istimewa

Sementara itu , Kapolsek Semen, AKP Siswandi mengatakan sedang mencari oknum pengunggah video ini. Mereka hendak melakukan klarifikasi dengan penggunggah video ini karena narasi yang ditulisnya telah menyebabkan kegaduhan. Polisi juga mendalami motif penguggah video tersebut.

“Videonya betul tapi narasinya inilah yang tidak betul, karena ada narasi bahwa semasa hidup alamarhum ini tidak bertetangga dan tidak pernah srawung dengan tetangga kanan kiri itu tidak benar,” pungkasnya.

Baca Juga: Ibu Balita yang Tewas di Kediri Menulis Surat, Isinya Miris!

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya