Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Ledakan Petasan di Blitar

4 tersangka merupakan korban meninggal

Blitar, IDN Times - Polres Blitar Kota menetapkan tersangka dalam kasus ledakan petasan yang menewaskan 4 orang di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Dalam persitiwa yang terjadi Minggu (19/2/2023) lalu, polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap 21 orang saksi. Mereka menetapkan 5 orang tersangka dalam kasus ini.

1. Satu tersangka berstatus sebagai DPO

Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Ledakan Petasan di BlitarPenyerahan jenazah korban ledakan petasan di Blitar. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan empat korban yang meninggal dunia yakni Sudarman (65), Arifin (29), Deni Widodo (23) dan Betrisza Neswa Roszi (17) menjadi tersangka dalam kasus tersebut. Mereka terbukti membuat petasan sehingga menyebabkan ledakan dahsyat. Sedangkan 1 tersangka lain masih berstatus sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Kemudian dari hasil gelar perkara ditemukan cukup bukti serta dapat disimpulkan bahwa dilakukan penetapan tersangka 5 orang, 4 orang yang telah meninggal berikut 1 orang yang sampai sekarang masih kita lakukan pencarian," ujarnya, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: [FOTO] Kondisi Terakhir TKP Ledakan Petasan di Blitar

2. Polisi periksa 21 saksi terkait peristiwa ini

Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Ledakan Petasan di BlitarKondisi lokasi ledakan petasan di Blitar. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Satu tersangka yang sudah ditetapkan sebagai DPO ini, berperan sebagai penyuplai bahan kepada korban. Tersangka tersebut juga meminta korban untuk membuat bubuk petasan. Polisi sendiri telah melakukan pemeriksaan terhadap 21 orang saksi. Mereka juga masih melakukan pencarian terhadap tersangka tersebut. "Diduga sebagai orang yang menyuruh melakukan dan menyuplai barang. Jadi ada keterkaitan untuk membuat bahan tersebut," tuturnya.

3. Empat korban meninggal dunia dalam peristiwa ini

Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Ledakan Petasan di BlitarKondisi lokasi ledakan petasan di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. IDN Times/ istimewa

Sebelumnya, ledakan petasan dahsyat terjadi di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar pada Minggu (19/2/2023) malam. Ledakan itu menyebabkan 4 orang tewas. Selain itu, 23 orang dilaporkan mengalami luka-luka, di antaranya balita berusia 4 bulan. Sedangkan 34 bangunan di sekitarnya mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Baca Juga: Pengakuan Warga saat Ledakan Petasan di Blitar

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya