Penyelundupan Sabu Pakai Sikat Pencuci Pakaian Terbongkar  

Sabu dimasukkan sikat cuci pakaian

Tulungagung, IDN Times - Seorang pengunjung Lapas Klas II B Tulungagung tertangkap basah saat melakukan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu. Pengunjung perempuan berinisial WR ini, menyelundupkan sabut seberat 21,38 gram disembunyikan di dalam sikat pencuci pakaian.

Rencananya pelaku akan membesuk seorang narapidana kasus narkoba yang kini berada di Lapas Tulungagung.

1. Pelaku akan besuk narapidana kasus narkoba

Penyelundupan Sabu Pakai Sikat Pencuci Pakaian Terbongkar  Petugas mengamankan pelaku penyelundupan sabu ke Lapas Tulungagung. IDN Times/ dok Lapas Tulungagung

Kalapas Tulungagung, R. Budiman P mengatakan upaya penyelundupan ini digagalkan oleh petugas kemarin sore. Saat itu pelaku mendaftar untuk membesuk seorang narapidana kasus narkoba. Petugas yang berjaga mencurigai sebuah alat sikat pencuci pakaian yang dibawa pelaku. Selanjutnya mereka melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang tersebut.

"Pelaku membawa perlengkapan cuci baju untuk narapidana tersebut, namun petugas curiga dengan sikat cuci baju yang dibawa," ujarnya, Jumat (26/05/2023).

Baca Juga: Pasutri Selundupkan Sabu Pakai Alquran ke Lapas Madiun

2. Temukan 16 paket sabu dalam sikat cuci

Penyelundupan Sabu Pakai Sikat Pencuci Pakaian Terbongkar  Petugas mengamankan pelaku penyelundupan sabu ke Lapas Tulungagung. IDN Times/ dok Lapas Tulungagung

Setelah diperhatikan ternyata bagian kayu sikat cuci tersebut di lem ulang. Petuga lalu menggergaji sikat cuci ini dan menemukan 16 paket sabu di dalamnya. Berat total sabu yang diselundupkan ini mencapai 21,38 gram. Petugas lalu menghubungi Satresnarkoba Polres setempat untuk penanganan lebih lanjut. "Kasusnya kini ditangani oleh Satresnarkoba Polres Tulungagung dan sedang dalam penyelidikan,: tuturnya.

3. Pastikan pegawai bersih, gelar tes urine

Penyelundupan Sabu Pakai Sikat Pencuci Pakaian Terbongkar  Lapas Klas II B Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pelaku sendiri tercatat sudah 8 kali membesuk warga binaan lapas ini. Berdasarkan pengakuan status pelaku hanya teman narapidana tersebut. Upaya penyelundupan ini merupakan kali kedua dalam tahun ini. Sebelumnya pada bulan April lalu pihak Lapas juga menggagalkan upaya penyelundupan sabu, dengan modus memasukkannya ke dalam pasta gigi. Pasca kejadian ini, pihak Lapas melakukan tes urine terhadap seluruh pegawai. "Hasilnya negatif semua, tidak ada pegawai Lapas Tulungagung yang positif narkoba," pungkasnya.

Baca Juga: Jualan Sabu dan Ganja di Warkop Surabaya, Pria Ini Dibekuk Polisi

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya