PDIP Masih Survei untuk Jago di Pilkada Jatim

Fokus persiapkan calon Pilkada

Blitar, IDN Times - Sejumlah tokoh yang akan maju dalam Pilkada serentak tahun ini, tampak hadir saat Ketua Umum PDIP, Megawati berziarah ke Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Kehadiran mereka ini diduga berkaitan dengan rekomendasi PDIP untuk Pilkada tahun ini.

1. Sudah 130 nama yang mendapat rekom

PDIP Masih Survei untuk Jago di Pilkada JatimSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya sedang melakukan survei terhadap kader yang akan diusung di Pilkada Serentak 2024. Seperti di Ngawi, Ponorogo, Sumenep, Kediri, Trenggalek, Batu dan Kabupaten Malang. Saat ini PDIP tengah fokus pada calon di tingkat kabupaten/kota. Sedangkan, untuk calon gubernur dan wakil gubernur, masih akan dicermati karena bersifat dinamis. Terdapat sekitar 130 kader yang telah mendapatkan rekomendasi dari PDIP.

"Saat ini, skala prioritas kami fokus di tingkat kabupaten/kota. Ini karena saat pemilu legislatif kemarin di tingkat daerah, ternyata mendapat perolehan kursi bertambah. Artinya daya terima rakyat terhadap PDIP tetap ada, meskipun menghadapi berbagai tekanan," ujarnya, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: PDIP Belum Umumkan Nama pada Pilgub Jatim, Hasto: Masih Konsolidasi!

2. Akan ada konferensi pers khusus Pilkada

PDIP Masih Survei untuk Jago di Pilkada JatimBupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat hadir di Blitar. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Meskipun begitu Hasto memastikan bahwa rekomendasi untuk Pilkada Surabaya akan jatuh ke pasangan Eri-Armuji. Rekomendasi tersebut bahkan sudah dikeluarkan. Sedangkan untuk daerah lain akan diumumkan secepatnya.

"Terkait pilkada nanti akan ada konferensi pers tersendiri oleh DPD partai, tapi yang jelas saat ini rekomendasi di tingkat kota/kabupaten masih berproses. Ada dilakukan berapa pelatihan-pelatihan pemenangan untuk para calon di Pilkada nanti," tuturnya.

3. Sejumlah tokoh hadir saat Megawati Ziarah ke Blitar

PDIP Masih Survei untuk Jago di Pilkada JatimMantan Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat hadir di Blitar. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dari hasil pantauan lapangan, beberapa nama yang bakal maju pada Pilkada tahun ini ikut hadir saat Megawati berziarah ke Makam Bung Karno. Diantarnya Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, mantan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Mantan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo serta pasangan Eri Cahyadi dan Armuji hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Kubu Staf Hasto PDIP Tuding Penyidik KPK Lakukan Pelanggaran Berat

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya