Komplotan Pencuri Potong Kabel Listrik PLN Tulungagung

Nemen iki rek!

Tulungagung, IDN Times - Komplotan pencuri kabel listrik beraksi di wilayah PLN ULP Tulungagung. Mereka melakukan pencurian kabel vudeng yang berada di 4 titik. Akibat aksi pencurian kabel ini, listrik sempat mengalami gangguan. PLN bergerak cepat dengan melakukan penggantian kabel tersebut dan melaporkan kasus ini ke pihak berwajib.

1. Terima laporan pemadaman, temukan kabel terpotong

Komplotan Pencuri Potong Kabel Listrik PLN TulungagungKabel PLN TUlungagung yang dipotong pencuri. IDN Times/ dok PLN Tulungagung

Manajer PLN ULP Tulungagung, Resma Dwida Pantri mengatakan aksi pencurian ini dilakukan komplotan pada Jumat (26/05/2023) lalu. Saat itu pihaknya menerima laporan adanya pemadaman listrik di beberapa titik. Saat dilakukan pemeriksaan di lokasi kejadian, ternyata kabel tegangan rendah dari trafo pembagi ke panel distribusi sudah dipotong oleh komplotan ini. \

"Kita terima informasi dari pelanggan yang mati lampu sejak dinihari, kemudian kita cek di lapangan rupanya ada pemotongan kabel ini," ujarnya Rabu(31/05/2023).

Baca Juga: 3 JCH di Tulungagung Terancam Batal Berangkat

2. Komplotan diduga sudah mempersiapkan aksi pencurian ini

Komplotan Pencuri Potong Kabel Listrik PLN TulungagungKabel PLN TUlungagung yang dipotong pencuri. IDN Times/ dok PLN Tulungagung

Total terdapapat 4 lokasi di wilayahnya yang menjadi sasaran komplotan tersebut. Yakni di Kelurahan Kenayan, Desa Rejoagung, Desa Gendingan dan Desa Ngasem. Dari 4 lokasi itu terdapat 5 trafo yang mensuplay listrik tegangan rendah ke konsumen.

Resma memperkirakan, pelaku sudah merencanakan hal ini dan membawa alat untuk memotong 4 kabel di masing-masing trafo tersebut. Pelaku memotong bagian paralon besi pelindung menggunakan gerinda listrik, sedangkan untuk pemotongan kabelnya Resma belum bisa memastikan alat yang digunakan oleh para pelaku. "4 lokasi ini semua ada di pinggir jalan nasional," tuturnya.

3. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah

Komplotan Pencuri Potong Kabel Listrik PLN TulungagungKabel PLN TUlungagung yang dipotong pencuri. IDN Times/ dok PLN Tulungagung

Resma mengakui, sesuai dengan informasi yang diterimanya, selain di wilayah kerjanya, kejadian serupa juga terjadi di wilayah lain seperti di Madiun dan kota lainnya di Jawa Timur. Pihaknya memprediksikan, akibat kejadian ini pihaknya mengalami kerugian material mencapai 40 juta rupiah.

"Kalau kerugian material kita itu rata-rata per trafo sekitar 8 juta rupiah, kami harap masyarakat melaporkan jika ada kegiatan mencurigakan yang dilakukan oleh orang dengan atribut yang tidak menunjukkan dari PLN," pungkasnya.

Baca Juga: Narapidana Teroris Jaringan JAD di Lapas Tulungagung Bebas Murni

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya