Hujan Es Mengguyur Dua Desa di Tulungagung

Sejumlah rumah terdampak

Tulungagung, IDN Times - Hujan es dan puting beliung terjadi di wilayah Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, Rabu (25/01/2023). Fenomena hujan es ini terjadi di Desa Sukodono, sedangkan puting beliung di Desa Sukorejo. Bencana tersebut mengakibatkan sejumlah atap rumah milik warga mengalami kerusakan. Meskipun begitu tingkat kerusakan tidak terlalu parah.

1. Fenomena hujan es terjadi di Desa Sukodono

Hujan Es Mengguyur Dua Desa di TulungagungWarga menunjukkan butiran es yang jatuh. IDN Times/ istimewa

Kasi Trantib Kecamatan Karangrejo, Kandi Narwoko mengatakan pihaknya mendapatkan informasi terkait adanya hujan es di wilayah Desa Sukodono. Berdasarkan informasi yang diterima, warga mendengar suara gemuruh di atas genting. Saat dilihat ternyata butiran es sebesar ujung jari menimpa atap rumah mereka.

"Kejadiannya siang tadi saat terjadi hujan deras, warga mendengar ada suara aneh diatas genting saat dicek ternyata hujan es," ujarnya, Rabu (25/01/2023).

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hotel Berbintang di Tulungagung

2. Masih lakukan pendataan rumah terdampak

Hujan Es Mengguyur Dua Desa di TulungagungWarga memperbaiki atap rumah yang rusak terkena puting beliung. IDN Times/ istimewa

Selain itu petugas juga mendapatkan laporan tentang adanya bencana puting beliung di Desa Sukodono. Petugas yang melakukan pengecekan mendapati sejumlah rumah mengalami kerusakan pada bagian atapnya. Genting dan asbes di rumah tersebut hancur terkena puting beliung. Hingga saat ini petugas masih melakukan pendataan untuk memastikan jumlah rumah yang terdampak bencana ini. "Jumlahnya tidak terlalu banyak dan ini masih dilakukan pendataan," tuturnya.

3. Kerusakan yang ditimbulkan tidak parah

Hujan Es Mengguyur Dua Desa di TulungagungWarga memperbaiki atap rumah yang rusak terkena puting beliung. IDN Times/ istimewa

Fenomenas hujan es ini merupakan yang pertama kali terjadi di wilayah tersebut. Beberapa wilayah di Kecamatan Karangrejo dinyatakan masuk dalam kategori rawan bencana puting beliung. Petugas mengimbau warga agar selalu berhati-hati saat hujan deras disertai angin kencang terjadi. "Untuk saat ini kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu parah," pungkasnya.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Gadis di Tulungagung Ditangkap Polisi 

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya