8 Pahlawan Tidak Dikenal Dimakamkan di TMP Tulungagung

Diduga pahlawan kemerdekaan

Tulungagung, IDN Times - Sebanyak 8 pahlawan tidak dikenal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tulungagung. Dalam data nama di prasasti, pahlawan tersebut hanya ditandai dengan nomor registrasi. Para pahlawan yang tidak dikenal ini diduga kuat berasal dari masa perang kemerdekaan. Mereka terlibat langsung dalam pertempuran melawan Belanda dan gugur sebagai pahlawan.

1. TMP digunakan sejak 1967, sebelumnya pahlawan dimakamkan dekat alun-alun

8 Pahlawan Tidak Dikenal Dimakamkan di TMP TulungagungDaftar nama pahlawan di TMP Rejoagung, Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Wito, penjaga TMP Tulungagung mengatakan pemakaman ini baru digunakan sekitar tahun 1967. Sebelumnya para pahlawan tersebut dimakamkan di sisi selatan alun-alun Tulungagung. Pemerintah lalu memindahkan makam pejuang di lokasi sekarang yang terletak di Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru. "Selain pahlawan yang dimakamkan di dekat alun-alun, pahlawan yang dimakamkan di pemakaman desa juga dipindahkan dan dijadisatukan di sini," ujarnya, Selasa (16/08/2022).

Baca Juga: Monumen Perjuangan Batalyon Sikatan di Tulungagung Terancam Tergusur

2. Selain pahlawan, mereka yang memiliki tanda kehormatan militer bisa dimakamkan di TMP

8 Pahlawan Tidak Dikenal Dimakamkan di TMP TulungagungKomplek Taman Makam Pahlawan Rejoagung, Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain pahlawan era kemerdekaan, terdapat juga beberapa veteran militer yang dimakamkan di TMP ini. Tidak semua veteran militer bisa dimakamkan di TMP ini. Hanya veteran yang memperoleh tanda kehormatan militer bisa dimakamkan di TMP. Nantinya pihak Kodim setempat akan melakukan pengecekan sebelum memperbolehkannya. "Saat ini sudah ada sekitar 550 makam, yang akan dimakamkan di TMP harus mendapatkan izin dari Kodim terlebih dahulu," tuturnya.

3. Pahlawan tidak dikenal diduga pindahan dari makam yang lama

8 Pahlawan Tidak Dikenal Dimakamkan di TMP TulungagungPenjaga makam saat bersihkan makam pahlawan tidak dikenal. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Terkait keberadaan delapan makam pahlawan yang tidak diketahui identitasnya ini, Wito menduga mereka merupakan pindahan dari makam yang lama. Diduga para pahlawan tersebut gugur saat berperang melawan Belanda di era kemerdekaan. Pada batu nisannya, hanya tertera nomor registrasi makam saja. "Dugaannya pindahan dari makam yang lama, tidak diketahui namanya juga," pungkasnya.

Baca Juga: Ibu dan Anak di Tulungagung Ditemukan Tewas di Rumah

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya