UMM Kirim 27 Mahasiswa untuk KKN di Luar Negeri

UMM keren

Malang, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan 27 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di luar negeri, pada Sabtu (29/12). Pengiriman mahasiswa untuk KKN ini hasil kerja sama antara UMM dengan AIESEC.

Baca Juga: Curanmor dan Narkoba Dominasi Kejahatan di Kota Malang Selama 2018

1. KKN dibagi menjadi 3 Bagian

UMM Kirim 27 Mahasiswa untuk KKN di Luar NegeriIDN Times/Humas UMM

KKN pada periode ini dibagi menjadi tiga kelompok besar, di antaranya KKN Internasional, KKN Tematik, dan KKN Regular. KKN Internasional diikuti sebanyak 27 mahasiswa yang tersebar di 7 negara.

“Di Malaysia sebanyak 7 mahasiswa, Thailand 12 mahasiswa, Kamboja 1 mahasiswa, Nepal 1 mahasiswa, Sri Lanka 4 mahasiswa, Polandia 1 mahasiswa, dan Ukrainia 1 mahasiswa,” ujar Ketua Divisi KKN, Alik Ansyori Alamsyah kepada IDN Times, Sabtu (22/41).

2. Proyek Sosial Selama 3 bulan

UMM Kirim 27 Mahasiswa untuk KKN di Luar NegeriHumas UMM

Febryani Monita Astuti, salah satu satu mahasiswa yang akan mengikuti KKN Internasional mengatakan dia akan melakukan proyek sosial selama tiga bulan di Thailand. Proyek yang diikutinya yakni Sawasdee Thailand.

"Selama 3 bulan, saya akan mengerjakan proyek sosial mengajar Basic English untuk siswa sekolah dasar hingga sekolah lanjutan di pedalaman Thailand," ungkap mahasiswi asal Lombok, NTT.

3. Kesempatan yang tidak disiakan

UMM Kirim 27 Mahasiswa untuk KKN di Luar NegeriHumas UMM

Dia ingin mempelajari situasi sosial di negara lain. Dia akan menggunakan kesempatan ini secara maksimal untuk menambah pengetahuan yang begitu luas dalam ruang belajarnya.

"Saya sebagai mahasiswa Sosiologi ingin punya ruang belajar lebih luas terutama tentang kehidupan masyarakat sosial, kan konteks dan ruang belajarnya pasti berbeda," ungkapnya.

4. Representasi UMM

UMM Kirim 27 Mahasiswa untuk KKN di Luar Negeriumm.ac.id

Seremoni pelepasan peserta KKN ini tak hanya dihadiri oleh mahasiswa yang mengikuti KKN Internasional, namun juga mahasiswa dari KKN Tematik yang akan melakukan proyek sosial di Palu dan mahasiswa program KKN Regular.

Pada saat pelepasan, Rektor UMM, Fauzan, mengingatkan kepada mahasiswa bahwa mereka adalah representasi dari UMM.  "Saudara akan dilihat sebagai representasi Muhammadiyah. Jadi, tinggalkan kesan baik di tempat pengabdian nanti," ujarnya.

Baca Juga: Warung Bakso di Malang Berikan Tempat Khusus Bagi Wanita Bercadar

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya