Comscore Tracker

Pemkot Batu Bagi 2 Ton Apel untuk Warga

Apel Anna khas Batu

IDN Times, Malang - Pemkot batu membagikan apel kepada para wisatawan. Pembagian apel dilakukan selama 2 hari pada tanggal 22 dan 23 Desember 2018. Pembagian dilaksanakan di beberapa titik, yaitu Balai Among Tani, Jatim Park 3 dan Alun-alun Batu. 

"Apel ini berjenis apel Anna yang dibeli dari petani sebanyak 2 ton," ujar Sugeng, Kepala Dinas Pertanian Kota Batu (23/12).

1. Membantu petani

Pemkot Batu Bagi 2 Ton Apel untuk WargaIlustrasi apel/Pixabay.com

Apel Anna diambil dari 200 petani di daerah Kecamatan Bumiaji dengan tanah 1700 hektar. Sugeng membeberkan bahwa pembagian apel tersebut untuk membantu petani dalam menstabilkan harga apel.  Sebab, harga apel anna sedang mengalami penurunan.

"Kami memfokuskan hanya apel berjenis Anna, karena harga apel Anna sedang menurun dari yang biasanya Rp5.000 menjadi Rp3.000 per kilogram di tingkat petani. Hal ini juga disebabkan kondisi apel yang sedang panen raya," ujarnya.

2. Memperkenalkan kepada wisatawan

Pemkot Batu Bagi 2 Ton Apel untuk WargaIDN Times/Bela Ikhsan

Selain membantu petani, pembagian ini juga dilakukan untuk memperkenalkan kepada para wisatawan tentang buah khas yang ada di Kota Batu.

"Selama liburan dan tahun baru, para wisatawan banyak yang sedang pergi ke Batu. Kami bagikan apel ke mereka agar ke depannya mereka bisa membeli apel khas Kota Batu. Buah khas batu bukan hanya apel manalagi, tetapi ada anna, roombeauty, greensmit dan wanglin ," ungkapnya.

3. Apel Anna bisa diterima

Pemkot Batu Bagi 2 Ton Apel untuk Wargaunsplash.com/Aarón Blanco Tejedor

Dari hasil memperkenalkan produk apel di Kota Batu, Sugeng menginginkan apel Anna juga bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini juga merupakan suatu bentuk untuk menggunggah semangat petani dalam memelihara perkebunannya.

"Saya berharap dengan adanya pembagian ini petani lebih bergairah dalam mengusahakan tanaman apelnya walaupun saat ini harga apel anna di pasar belum sesuai harapan," imbuhnya.

Baca Juga: 8 Lokasi Liburan Akhir Tahun Paling Rekomendasi di Batu, Malang Raya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You