Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Stok Daging Hingga Lebaran Aman

Terdapat stok daging sapi sebanyak 6 ton setiap harinya

Banyuwangi, IDN Times – Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi memastikan ketersediaan daging sapi hingga Lebaran tercukupi. Saat ini stok daging yang ada mencapai 6 ton per hari.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan, Jumat (24/5/2019). Arief menjelaskan bahwa Banyuwangi sudah bisa swasembada daging. Untuk populasi sapi terdapat 119 ribu ekor. Per hari, terdapat stok daging sapi sebanyak 6 ton. Sedangkan untuk konsumsi daging sapi di Banyuwangi mencapai 4,6 ton per hari. 

“Hal yang sama juga terjadi di daging ayam. Saat ini ada ayam 1,2 juta ekor, dengan stok per hari sebesar 13 ton. Untuk ayam itu konsumsi di Banyuwangi mencapai 11 ton per hari. Sisanya dikirim ke Kabupaten tetangga," kata Arief. 

1. Gelar sidak di sejumlah pasar di Banyuwangi

Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Stok Daging Hingga Lebaran AmanIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Pihak Dinas Pertanian Banyuwangi telah menggelar sidak di sejumlah pasar di Banyuwangi. Mereka memantau stok ketersediaan daging ayam dan sapi. Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel daging, untuk menjaga kesehatan dan kelayakan konsumsi daging. 

Dalam sidak itu, satu-persatu daging ayam dan sapi dari pedagang dan jagal hewan diperiksa. Masing-masing daging tersebut diambil sampel untuk diuji lab. Dari hasil sidak,kata Arief, di beberapa lokasi pasar di Banyuwangi tidak ditemukan daging sapi maupun yang tak layak konsumsi.

“Semuanya terlihat segar dan tidak ditemukan daging sapi gelonggongan ataupun ayam tiren (mati kemarin). Untuk daging sapi, kita bisa menjamin karena mereka memotong sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Sebab jika dipotong di RPH itu sudah ada lisensi ASUH, aman, sehat, utuh dan halal," tambah dia. 

2. Melakukan survei harga dan stok daging di masing-masing lapak

Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Stok Daging Hingga Lebaran AmanIDN Times/Beautiful Banyuwangi

"Kita lakukan ini pada setiap bulan Ramadan menjelang hari raya. Kita memastikan daging ayam dan sapi sehat di konsumsi oleh masyarakat. Selain itu stoknya juga ada," ujar Arief

3. Dinas Pertanian Banyuwangi tetap lakukan pengawasan stok dan harga hingga Lebaran

Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Stok Daging Hingga Lebaran AmanIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Arief mengaku, kegiatan sidak kesehatan dan pengawasan stok daging di Banyuwangi akan terus dilakukan hingga Lebaran nanti. Pihaknya mengerahkan seluruh petugas bidang peternakan untuk turun ke beberapa pasar di Banyuwangi.

"Kita pantau terus. Mengenai harga untuk saat ini normal. Daging sapi Rp129 ribuan sementara ayam sekitar Rp 30 ribuan," pungkasnya. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya