Sidak Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik Kembali Berjalan Normal

Petugas Dispendukcapil diharapkan memberi pelayanan ekstra

Banyuwangi, IDN Times – Hari pertama kerja pasca libur Lebaran, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lokasi layanan publik dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain ingin memastikan kehadiran karyawannya, Anas juga ingin memotivasi kinerja karyawan pasca merayakan Idulfitri.

Sidak pertama dilakukan di Kantor Dinas Pemukiman dan Perumahan (DPKP) Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang lokasinya berdekatan. Di sana, Anas langsung mengecek kehadiran karyawan dan melihat kondisi seluruh kantor.

“Untuk memastikan tidak ada PNS yang absen di hari pertama kerja dengan sidak ke sejumlah SKPD. Hasilnya, secara umum hadir semua, sesuai ketentuan dari pemerintah tentang kehadiran karyawan di hari pertama kerja,” kata Bupati Anas. Sidak lalu dilanjutkan di Dinas Perikanan dan Pangan, Dinas Kominfo, Kantor Inspektorat, Dinas Kesehatan, dan Badan Kepegawaian dan Diklat.

1. Pelayanan di seluruh SKPD telah berjalan normal

Sidak Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik Kembali Berjalan NormalIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Secara umum pelayanan di seluruh SKPD telah berjalan dengan baik di hari pertama ini. Hal itu terpantau dari sistem informasi yang terpusat di Dinas Kominfo.

“Secara umum saya melihat kantor-kantor sudah siap bekerja kembali. Saya tadi mengecek di Kominfo, yang menunjukkan sistem di seluruh SKPD berjalan, yang artinya pelayanan publik berjalan normal semua,” ujar Bupati Anas.   

2. Bupati Anas berdialog langsung kepada salah satu warga yang sedang mengantre di Dispendukcapil

Sidak Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik Kembali Berjalan NormalIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Anas juga meninjau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Puskesmas Mojopanggung untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik. Di sana, Anas langsung bertanya kepada warga seputar pelayanan yang dilakukan pemda pasca Lebaran.

“Bapak mengurus apa. Tadi datang jam 8 kemari apa kantor Dispendukcapil sudah buka pak? Sudah berapa lama mengurusnya?” tanya Anas kepada Sugiharto, warga yang tengah mengurus surat kependudukan.

“Tadi saya datang jam 8 sudah buka pak. Kini tinggal tunggu antre dipanggil saja, mau mengurus surat pindah domisili,” jawab Sugiharto.

3. Khusus kepada petugas Dispendukcapil, Anas meminta agar membuka pelayanan ekstra

Sidak Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik Kembali Berjalan NormalIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Biasanya, jelas Anas, mudik Lebaran ini digunakan warga rantau untuk sekalian mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

“Tolong khusus selama pekan ini kinerja ditingkatkan, karena biasanya banyak warga rantau yang mengurus KTP. Saya mohon semua siap kerja ekstra hingga lembur untuk mengatasi membludaknya pemohon pelayanan,” pesan Anas kepada karyawan Dispendukcapil.  

4. Momen sidak dimanfaatkan Bupati Anas menciptakan susasana kantor yang nyaman untuk bekerja

Sidak Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik Kembali Berjalan NormalIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Suasana kantor sangat berpengaruh bagi kinerja PNS.

“Kalau suasana kantor nyaman akan memberi energi positif. Secara umum, suasana kantor-kantor sudah bagus, mulai dari tata ruang, kebersihan, penghijauan, pemanfaataan tata ruang juga bagus. Memang masih ada yang kurang, nanti akan kami evaluasi, khususnya kantor pelayanan publik seperti puskesmas,” pungkas Anas.  

5. Tercatat ada sembilan ASN yang absen di hari pertama pasca libur Lebaran

Sidak Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik Kembali Berjalan NormalIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Nafiul Huda,menambahkan bahwa di hari pertama kerja ini terdapat sembilan ASN yang absen dengan berbagai alasan kepentingan.

“Ada yang alasan sakit, ada juga keperluan keluarga, namun tidak ada yang tanpa keterangan. Namun mereka tetap akan kami laporkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara mengacu dengan peraturan yang telah ditetapkan. Sembari mereka juga diberi peringatan dari pimpinan masing-masing,” kata Huda. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya