Promosikan Pecel Rawon, Bupati Anas Buka Festival Banyuwangi Kuliner

152 tim peserta suguhkan makanan khas Banyuwangi tersebut

Banyuwangi, IDN Times – Festival Banyuwangi Kuliner yang mengangkat kuliner lokal pecel rawon berlangsung meriah, pada Selasa (23/4/2019). Sebanyak 152 tim peserta dari penjuru Banyuwangi berkreasi menyuguhkan makanan khas Banyuwangi tersebut. Koki selebritas Vania Wibisono pun memeriahkan acara tersebut dengan melakukan demo memasak dan menyajikan pecel rawon ala chef.

Dengan digelar di area Taman Blambangan, ratusan peserta Festival Banyuwangi Kuliner dari pagi menyiapkan kreasi masakannya di atas meja. Pecel rawon merupakan kuliner khas Banyuwangi yang memadukan nasi pecel dengan kuah rawon dan potongan daging. Kuliner tersebut memberikan sensasi yang unik dan nikmat di lidah.  

1. Festival Banyuwangi Kuliner pun digelar sebagai komitmen daerah untuk angkat kuliner lokal

Promosikan Pecel Rawon, Bupati Anas Buka Festival Banyuwangi KulinerIDN Times/Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kuliner merupakan salah satu daya pikat pariwisata. Festival Banyuwangi Kuliner pun digelar sebagai komitmen daerah untuk mengangkat kuliner lokal menjadi lebih berdaya saing dan menjadi tuan rumah di tengah perkembangan pariwisata daerah.

Food and fashion menjadi dua daya pikat utama pengembangan pariwisata. Makanya kita konsisten menggelar event ini untuk terus mengenalkan ragam makanan lokal kepada khalayak luas. Harapannya, kekayaan kuliner lokal mampu memikat wisatawan datang kemari,” kata Bupati Anas saat membuka festival tersebut.

2. Sebelumnya, beragam makanan khas daerah tersebut telah diangkat dan dipromosikan di Festival Banyuwangi Kuliner

Promosikan Pecel Rawon, Bupati Anas Buka Festival Banyuwangi KulinerIDN TImes/Banyuwangi

Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini memasuki tahun kelima pelaksanaan. Sebelumnya, beragam makanan khas Banyuwangi diangkat dan dipromosikan, seperti nasi tempong, rujak soto, pecel pithik, dan ayam kesrut. Hasilnya, saat ini di Banyuwangi makin banyak warga yang membuka usaha kuliner makanan khas lokal dan menjadi jujugan wisatawan.

“Festival ini juga bentuk keberpihakan total kami pada kuliner lokal. Kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku usaha kuliner lokal untuk mengambil kesempatan dalam perkembangan pariwisata daerah daripada memberikan peluang ini pada franchise makanan dari luar,” ujar Bupati Anas.

3. Saat ini kuliner Banyuwangi sangat pas dipromosikan untuk dukung pariwisata daerah tersebut yang tengah berkembang

Promosikan Pecel Rawon, Bupati Anas Buka Festival Banyuwangi KulinerIDN TImes/Banyuwangi

Pesta kuliner tersebut juga diwarnai demo masak pecel rawon dari chef Vania Wibisono. Dengan ditemani istri Bupati Banyuwangi, Dani Azwar Anas, Vania berbagi ilmu memasak pecel rawon yang sehat. Ia pun mengaku sangat mengapresiasi kekayaan kuliner lokal Banyuwangi yang kebanyakan merupakan masakan dengan dua gabungan makanan.

“Sekarang ini, makanan fusion kan lagi hits di mana-mana, dan ternyata kuliner Banyuwangi sudah lebih dulu ada. Ini sangat pas untuk dipromosikan untuk mendukung pariwisata Banyuwangi yang tengah berkembang. Pastinya, pecinta makanan fusion akan tertarik datang kemari,” tutur Vania yang lulusan Culinary Art Institute Santa Monica Amerika Serikat tersebut.

4. Para peserta Festival Banyuwangi Kuliner sangat antusias

Promosikan Pecel Rawon, Bupati Anas Buka Festival Banyuwangi KulinerIDN Times/Banyuwangi

Sebagian dari 152 tim peserta yang mengikuti Festival Banyuwangi Kuliner ialah pelaku usaha kuliner dan industri perhotelan. Tidak hanya rasa yang enak, semua peserta berlomba menampilkan kreasi pecel rawon dengan tampilan yang menarik. Salah satu peserta, Ibu Handayani (50), pengelola rumah makan Mak Isun, mengaku sangat antusias mengikuti lomba kuliner ini.

“Warung saya berdiri sudah 1,5 tahun lalu. Saya ingin ikut lomba karena ingin sharing sekaligus ingin tahu seberapa cita rasa pecel rawon peserta lainnya,” kata Handayani.  

5. Kuliner lokal bisa dikreasikan ala tatanan Western lho

Promosikan Pecel Rawon, Bupati Anas Buka Festival Banyuwangi KulinerIDN Times/Banyuwangi

Lain halnya dengan chef Harko Iskandar dari Hotel Aston yang menyuguhkan pecel rawon yang dipresentasikan ala menu Western. Harko juga menyajikan pecel rawon fusion menjadi beberapa makanan lain, seperti sushi rawon ala Jepang dan roti croisant rawon yang merupakan dessert ala Prancis.

“Kita memang ingin menunjukkan ke khalayak, bahwa kuliner lokal ini bisa disajikan dengan tatanan ala Western, tanpa mengurangi cita rasa lokalnya,” kata dia.

Di lokasi yang sama, Banyuwangi Art Week yang berlangsung lima hari (23-27 April) digelar. Ajang ini menampilkan aneka produk unggulan UMKM lokal, seperti batik dan aneka kerajinan tangan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya