Women Cycling Challenge, Kompetisi Balap Sepeda Perempuan Indonesia

Event ini sekaligus memperingati Hari Kartini

Banyuwangi, IDN Times – Ratusan pesepeda perempuan mengikuti kompetisi balap sepeda Women Cycling Challenge yang dibuka di Pendopo Banyuwangi, Sabtu (27/4/2019). Kompetisi ini dimeriahkan dengan hadirnya para perempuan berkebaya ikut bersepeda meramaikan acara.

1. Para perempuan tangguh siap menyusuri jalanan mendaki menuju Taman Gandrung Terakota

Women Cycling Challenge, Kompetisi Balap Sepeda Perempuan IndonesiaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Dilepas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pendopo Banyuwangi, para pesepeda perempuan dari berbagai kota di Indonesia siap berkompetisi menyusuri jalanan mendaki menuju Taman Gandrung Terakota, yang berada di lereng Gunung Ijen. 

"Kami ingin menggandeng komunitas balap sepeda perempuan di Indonesia. Mumpung masih rangkaian peringatan Hari Kartini, kami juga ajak perempuan untuk bersepeda menggunakan kebaya. Kita ingin menunjukkan kalau perempuan itu kuat dan tangguh juga memiliki jiwa sportivitas," kata Anas saat melepas para peserta

Mereka yang kebanyakan tergabung dari komunitas pecinta sepeda ini ada yang datang dari Jayapura, Jakarta, Cilegon, Yogyakarta, Bali, Solo, Malang. 

2. Women Cycling Challenge sebagai salah satu event sport tourism

Women Cycling Challenge, Kompetisi Balap Sepeda Perempuan IndonesiaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Kompetisi ini dirancang sebagai event sport tourism. Peserta selain diajak berolahraga sepeda, mereka juga bisa menikmati keindahan lansekap Banyuwangi. Menempuh jarak sejauh 70,9 KM, mereka akan menyusuri wilayah perkotaan hingga menikmati hawa sejuk dan segar pegunungan lereng Kawah Ijen.

"Event ini merupakan salah satu even sport tourism daerah, makanya kami pilih Pendopo dan Taman Gandrung Terakota sebagai lokasi start dan finish. Untuk sekaligus mempromosikan salah satu destinasi wisata arsitektur daerah yang unik," jelas Bupati Anas.

Pendopo Sabha Swagata merupakan rumah dinas Bupati Banyuwangi yang menyimpan kisah sejarah yang panjang. Di sini ada sumur Sritanjung yang terkait dengan legenda berdirinya Banyuwangi. Pendopo sendiri memiliki desain arsitektur dengan dilengkapi bunker guest house berkonsep green building. Di kawasan tersebut juga terdapat mushola, rancangan araitek Andra Matin.  

Sedangkan Taman Gandrung Terakota merupakan taman yang berisi ratusan patung Gandrung yang dibangun di lahan persawahan Terasering di Kaki Gunung Ijen. Di tengah hamparan tersebut ditemukan amfiteater terbuka untuk pentas sendratari Gandrung setiap bulan. 

3. Kompetisi ini terbagi menjadi beberapa kategori

Women Cycling Challenge, Kompetisi Balap Sepeda Perempuan IndonesiaIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Ajang ini melombakan dua kategori, Fun Ride dan Challenge Ride. Ditambah satu kategori khusus fun bike, Kebaya Ride. Para peserta memulai start dari Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi dan akan finish di Taman Gandrung Terakota, Kecamatan Licin.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya