Serunya Pengalaman Belasan Influencer Malaysia Jelajahi Banyuwangi

Mereka mengaku Banyuwangi itu indah dan kaya budaya

Banyuwangi, IDN Times - Selama lima hari, sebanyak 17 influencer dari Malaysia mengikuti famtrip (familiarization trip) di Banyuwangi. 

Difasilitasi Kementerian Luar Negeri melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuala Lumpur dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), mereka mengeksplore daerah yang dikenal dengan Bumi Blambangan ini.

Famtrip ini merupakan rangkaian kegiatan Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) 2019 yang digelar di KBRI Kuala Lumpur pada Maret 2019 lalu. Saat itu, pameran Archex mengambil tema tentang pariwisata Banyuwangi.

"Seiring dengan dibukanya rute Kuala Lumpur - Banyuwangi, pihak kami langsung menggelar serangkaian event untuk meningkatkan awaraness warga Malaysia terhadap Banyuwangi. Setelah pameran di KBRI di Kuala Lumpur kemarin, sekarang berlanjut acara famtrip ini," kata Aisyah, staf fungsi ekonomi KJRI Kuala Lumpur.

1. 17 influencer yang ikut jelajahi Banyuwangi terdiri dari berbagai profesi

Serunya Pengalaman Belasan Influencer Malaysia Jelajahi BanyuwangiIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Aisyah mengatakan famtrip kali ini membawa 17 influencer asal negeri jiran dari berbagai profesi. Mulai dari mereka yang berpengaruh di sosial media hingga kalangan jurnalis.

"Kami sengaja ingin mempromosikan Banyuwangi dengan mengundang influencer berkunjung ke mari, karena tren anak-anak muda Malaysia saat ini tertarik dengan wisata alam. Dan kami pikir mengundang mereka kemari ini sangat tepat, karena wisata Banyuwangi yang menawarkan keindahan alam dan kehidupan warga lokal," imbuh Aisyah. 

Mereka mengeksplore Banyuwangi mulai dari 19 - 22 April 2019. Mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo, Gunung Ijen, Taman Gandrung Terakota, hingga Desa adat Kemiren untuk melihat dari dekat kehidupan Suku Osing Banyuwangi.

"Mereka semua terkesan selama bertandang ke mari. Kesannya positif terhadap Banyuwangi," tambahnya.

2. Banyuwangi menyimpan segudang cerita kisah budaya

Serunya Pengalaman Belasan Influencer Malaysia Jelajahi BanyuwangiIDN Times

Salah satu peserta famtrip bernama Shannim, seorang travel writer mengaku selama traveling keliling dunia baru kali ini sangat mengagumi budaya dan keramahan penduduk setempat. Banyuwangi menyimpan segudang cerita kisah budaya yang sangat menarik bagi wisatawan.

"Tak hanya itu, Kawah Ijen dan pantai yang ada di sini sangat menawan," kata Shannim.

"Makanannya juga enak, sambalnya terutama. Sangat istimewa. Dan yang pasti, penduduknya di sini ekstra ramah," ujar youtuber Malaysia HazimHamdan, menimpali apa yang disampaikan Shannim.

3. Keindahan alam dan tradisi lokal Banyuwangi mendapat pujian

Serunya Pengalaman Belasan Influencer Malaysia Jelajahi BanyuwangiIDN Times/Beautiful Banyuwangi

"Banyak kisah sejarah yang tersimpan di sini, baik mitos maupun sejarah kotanya. Ini yang diminati wisatawan, dan ii sangat bagus untuk dikembangkan. Belum lagi hutan Alas Purwonya, selain mengandung cerita, hutannya juga sangat alami. Ini tidak kita temui di Malaysia," papar Murali, Kepala Biro Star.

Dalam kesempatan itu, pemkab juga memfasilitasi mereka untuk menggelar business meeting dengan para pelaku wisata Banyuwangi. Mulai dari industri perhotelan, restoran, hingga para agen travel.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya