Hadirkan Nostalgia, Bupati Anas Undang Perantau ke Diaspora Banyuwangi

Acara ini akan mengobati kerinduan akan kampung halaman

Banyuwangi, IDN Times - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengundang para perantau yang merayakan Lebaran di Banyuwangi untuk hadir dalam acara Diaspora Banyuwangi di pendopo kabupaten. Para diaspora Banyuwangi tersebut akan diajak bersilaturahmi bersama sekaligus menikmati kuliner lokal. Tahun ini, pertemuan Diaspora Banyuwangi digelar 8 Juni 2019.

"Forum Diaspora Banyuwangi ini rutin kita gelar sejak 2012. Kami ingin memfasilitasi pertemuan para diaspora asal Banyuwangi untuk saling bertemu dan bernostalgia tentang kampung halamannya. Sekaligus ini jadi ajang melepas kangen sekaligus menjaring masukan untuk pembangunan daerah," ujar Bupati Anas.

1. Selain sebagai sarana nostalgia, Diaspora Banyuwangi juga jadi tempat pasarkan produk dan wisata lokal

Hadirkan Nostalgia, Bupati Anas Undang Perantau ke Diaspora Banyuwangisukita.info

Bupati Anas menambahkan, Diaspora Banyuwangi ialah jembatan untuk memasarkan potensi produk dan wisata daerah. Para diaspora diharapkan menjadi duta untuk memasarkan dan mempromosikan produk UMKM serta destinasi wisata Banyuwangi

"Para warga Banyuwangi di berbagai daerah tetap bisa berkontribusi untuk pengembangan daerah. Yang berprofesi sebagai pengusaha, bisa membangun jejaring pemasaran dengan pengusaha yang ada di Banyuwangi. Bukan semata-mata bisnis, tapi tergerak oleh cinta daerah," tutur Bupati Anas.

2. Harapannya, kegiatan Diaspora Banyuwangi dapat tumbuhkan rasa cinta daerah

Hadirkan Nostalgia, Bupati Anas Undang Perantau ke Diaspora BanyuwangiIDN Times/Banyuwangi

Anas berharap kegiatan Diaspora ini bisa makin menumbuhkan rasa cinta daerah, khususnya bagi para perantau.

“Acara ini kami desain untuk makin menguatkan cinta kepada Banyuwangi. Di sini mereka saling bersapa, memunculkan kembali kenangan masa kecilnya sehingga insyaallah makin menumbuhkan cinta pada daerah. Kalau sudah cinta, otomatis tergerak untuk bantu mengembangkannya," ujar Anas.

Tahun ini, Diaspora Banyuwangi digelar di Pendopo Kabupaten pada Sabtu, 8 Juni 2019. Acara yang rutin digelar setiap tahun ini selalu ramai karena dihadiri ribuan warga Banyuwangi yang merantau di berbagai belahan Indonesia dan dunia. Mereka tak pernah absen untuk hadir, mulai dari tokoh nasional hingga mahasiswa.

3. Kuliner dan seni-budaya Banyuwangi akan semarakkan Diaspora Banyuwangi

Hadirkan Nostalgia, Bupati Anas Undang Perantau ke Diaspora Banyuwangiinstagram.com/andreyongz

Dalam acara itu disediakan beragam kuliner lokal secara gratis. Mulai pecel pitik, rujak soto, nasi cawuk, lontong sayur, hingga sayur kelor sambal sereh. Sejumlah atraksi seni-budaya juga akan ditampilkan.

”Semoga ini bisa mengobati kerinduan para perantau yang kembali mudik di Banyuwangi. Untuk itu, jangan ragu semua warga perantau silakan hadir di diaspora,” kata Anas.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya