Zikir Ratib Al Atthas, Senjata Tangkal Virus Corona ala Khofifah

Selain usaha, doa juga perlu loh

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengimbau warganya tetap tenang sekaligus waspada di tengah isu wabah virus corona atau covid-19. Berbagai cara pencegahan dengan pola hidup sehat dan bersih acap kali digaungkan. Menariknya, kali ini ia menyarankan pencegahan spiritual melalui doa dan zikir.

1. Sarankan muslim lantunkan zikir Ratib Al Atthas

Zikir Ratib Al Atthas, Senjata Tangkal Virus Corona ala KhofifahGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam (15/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Menteri Sosial kabinet Indonesia Kerja ini menyarankan warganya yang beragama Islam agar membaca zikir penolak wabah dari Ratib Al Atthas. Zikir ini tersusun dan biasanya dilantunkan secara berlagu. Nama Ratib al Atthas merujuk pada penyusunnya, yaitu Al Imam Umar bin Abdur Rahman Al Atthas.

"Ada doa yang saya minta untuk bisa dimunajatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta'la bagi seluruh ASN di Pemprov Jawa Timur, juga ASN di kabupaten/kota. Ini sebetulnya biasa dibaca bagi yang biasa ratiban, yaitu doa di Ratib Al Atthas," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (13/3) malam.

2. Khofifah lantunkan zikir dan menerjemahkannya

Zikir Ratib Al Atthas, Senjata Tangkal Virus Corona ala KhofifahGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam (15/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam kesempatan ini, Ketum PP Muslimat NU ini juga membacakan syair zikir Ratib Al Atthas: Yaa Aamaanal khaa'ifiin, Aaminnaa mimmaa nakhaaf, Yaa Aamaanal khaa'ifiin, Najjinaa mimmaa nakhaaf, Yaa Amaanal khaa'ifiin, Sallimnaa mimmaa nakhaaf.

"Wahai Zat yang memberikan keamanan kepada orang-orang yang takut, berikanlah keamanan dari perkara yang kami takutkan. Wahai Zat yang memberikan keamanan kepada orang-orang yang takut, selamatkanlah kami dari perkara yang kami takutkan. Wahai Zat yang memberikan keamanan kepada orang-orang yang takut, bebaskanlah kami dari perkara yang kami takutkan," Khofifah menerjemahkannya.

Baca Juga: Virus Corona, Khofifah Tegaskan Tidak Akan Lockdown Jatim

3. Minta warga kurangi kontak fisik, liburkan sekolah dan ingatkan terhadap Tuhan

Zikir Ratib Al Atthas, Senjata Tangkal Virus Corona ala KhofifahIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, gubernur perempuan pertama di Jatim ini mengimbau warganya mengurangi kontak fisik dengan masyarakat luas. Maka dari itu, dia meliburkan sekolah di semua jenjang pendidikan mulai PAUD sampai SMA/SMK sederajat. Tapi, dia tetap mengingatkan ada Tuhan yang bisa menolak virus itu.

"Kita sudah mencoba melakukan persiapan penanganan-penanganan di rumah sakit-rumah sakit, ditambahkan ruang isolasi, para expert telah bekerja dengan keras," ucapnya.

"Tapi ada yang Maha memberikan pertolongan kepada kita, yang Maha memberikan jalan kemudahan kepada kita, kesembuhan, dan kebaikan kepada kita. Kita punya Yang Maha Kuasa," Khofifah melanjutkan.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Khofifah Liburkan SMA/SMK se-Jatim, tapi. . .

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya