Wujud Gotong Royong, Jatim Kirim Bantuan Logistik dan Medis ke Papua

Kitorang Seduluran!!!

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan bantuan logistik ke Papua, Sabtu (31/8). Pengiriman ini merupakan upaya Pemprov Jatim bersama jajaran Koarmada II, Univeristas Dr. Soetomo, ITS, ormas NU dan LDII setelah mendengar kabar, banyak pertokoan dan pasar di Papua masih tutup akibat gejolak yang terjadi beberapa hari terakhir.

"Ini misi kemanusiaan dan misi bangun persatuan bangun persaudaraan," ujar Khofifah saat melepas bantuan di Koarmada II, Surabaya.

 

1. Bantuan wujud gotong royong

Wujud Gotong Royong, Jatim Kirim Bantuan Logistik dan Medis ke PapuaDok.IDN Times/Istimewa

 

Mantan Menteri Sosial ini menyampaikan, kiriman bantuan logistik dirasa perlu untuk membantu kondisi Papua saat ini. Dia melihat gejolak dua-tiga hari belakangan ini membuat perekonomian rakyat di sebagian bumi cendrawasih terganggu. Dampaknya ialah, pada stok logistik masyarakat.

"Mereka membutuhkan support. Kalau nanti kita butuh support yang dibawa, kami siap. Gotong royong ini bagian dari budaya yang cukup kuat di Indonesia," kata Khofifah.

2. Bantuan berupa logistik

Wujud Gotong Royong, Jatim Kirim Bantuan Logistik dan Medis ke PapuaDok.IDN Times/Istimewa

Bantuan logistik yang dikirimkan berupa beras, mie instan, gula, kopi, teh, air mineral dan kebutuhan pokok lainnya. Khofifah menyebut bantuan ini penting, karena ia mengetahui langsung dari Gubernur Papua, Lukas Enembe, sebagian besar logistik Papua disokong oleh Jatim. Ditambah lagi, masyarakat Jatim yang tinggal di Papua cukup banyak.

"Saya ingin menyampaikan saudara kita dari Jatim, bahwa di Jayapura yang bayak adalah dari Jatim, karena memang logistik Papua terutama sebagai besar disupport dari Jatim. Ini yang disampaikan oleh Pak Gubenur Papua," jelas Khofifah.

"Karena itu saya ingin mengajak saudara kita dari Jatim yang ada di Jayapura, Manokwari, Sorong, seluruh provinsi papua dan Papua Barat, terus menjaga ketenangan, mengkomunikasikan dengan saudara yang lain bahwa persaudaraan kita ini tetap terjaga," tambahnya.

3. Ada juga bantuan medis

Wujud Gotong Royong, Jatim Kirim Bantuan Logistik dan Medis ke PapuaDok.IDN Times/Istimewa

 

Lebih lanjut, selain logistik, Khofifah juga menyebut ada bantuan medis yang dikirim ke Papua. Bantuan ini berupa obat-obatan, dan 77 dokter teriri dari umum serta spesialis. Semua bantuan itu dibawa oleh Kapal Rumah Sakit KRI dr. Soeharso.

"Bahwa di Kapal dr soeharso disiapkan layanan kesehatan termasuk di dalamnya ada para dokter dan dokter spesialis. Ini juga sesungguhnya menberikan support terhadap kemungkinan maksimalisasi layanan terhadap rumah sakit daerah," terang Khofifah.

4. Bantuan tiba lima hari ke depan

Wujud Gotong Royong, Jatim Kirim Bantuan Logistik dan Medis ke PapuaDok.IDN Times/Istimewa

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. IDG Nalendra, Sp.B., Sp.BTKV mengatakan, obat-obatan yang akan dikirim ke Papua stoknya disediakan sampai satu bulan. Dia menyatakan, bantuan medis ini akan tiba di Jayapura lima hari ke depan.

"Untuk obat-obatan kita sudah menyiapkan satu bulan tapi kebutuhan itu bisa kita dorong jika nanti membutuhkan. Kurang lebih lima hari kita sampai di sana," pungkasnya.

Baca Juga: Khofifah dan Gubernur Papua Ditolak Mahasiswa, Kapolda: Mis Komunikasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya